Petani Mengeluh, Harga Jual Tandan Buah Segar Sawit Sedang Turun

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
10 Juni 2018   06:00

Komentar
Petani Mengeluh, Harga Jual Tandan Buah Segar Sawit Sedang Turun

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sejumlah petani di Desa Pasar Sebelah, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah mengeluhkan soal harga jual tandan buah segar sawit yang terus menurun. Sebelumnya, buah segar sawit biasa laku dijual Rp1.030 per kilogram. Namun kini, harganya menjadi Rp1.000 per kilogram.

"Sekarang harganya turun sebesar Rp30 per kg, dari sebelumnya Rp1.030 per kg jadi Rp1.000," ujar petani Desa Pasar Sebelah, Dani di Mukomuko, Sabtu (9/6).

Baca Lainnya : Mendekati Bulan Puasa, Buah Sawit Segar di Bengkulu Terus Alami Penurunan Harga

Diketahui, petani di Desa Pasar Sebelah, biasa menjual tandan buah segar kelapa sawit kepada pedagang pengumpul buah sawit di wilayah setempat. Lalu pedagang setempat, akan menjual buah sawit petani ke pabrik.

Terkait dengan kondisi turunnya harga sawit, Dani menyebutkan mayoritas petani di wilayahnya kecewa dengan harga jual tandan buah segar kelapa sawit turun, padahal produksi buah sawit petani setempat sedang naik.

"Sekarang, tanaman kelapa sawit milik petani setempat telah lepas dari musim "Trek" atau musim sedikit berbuah, namun harga sawit malah turun," imbuhnya.

Baca Lainnya : Lawan Penolakan Sawit RI di Eropa, Kementan Gandeng Pemerintah Rusia

Ia menambahkan, petani setempat masih mendapatkan keuntungan dari harga jual buah sawit sebesar Rp1.000 per kg. Meski tidak memuaskan karena petani setempat harus mengeluarkan dana operasional lebih untuk penyemprotan, serta pemupukan tanaman kelapa sawit.

Maka dari itu, keuntungan yang diterima oleh petani setempat sangat minim dan sedikit. Ia hanya bisa berharap, harga jual buah sawit di wilayah itu bisa naik. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: