Presiden Minta Petani Gula Dibebaskan dari Pajak Penghasilan

TrubusNews
Syahroni
09 Juni 2018   07:00 WIB

Komentar
Presiden Minta Petani Gula Dibebaskan dari Pajak Penghasilan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Penyerapan gula cukup mendapat perhatian serius dari Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi). Bahkan Jumat (8/6) kemarin, mantan gubernur DKI Jakarta itu sampai menggelar rapat internal bersama Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, dan Dirut Perum Bulog Budi Waseso.  

Salah satu masalah yang dibahas dalam rapat tersebut adalah masalah pajak. Kepala Staf Presiden, Moeldoko menyebut, selama ini bagi petani yang memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dikenai pajak sebesar 1,5 %. Pajak dua kali lipat pun dibebankan pada petani yang tidak memiliki NPWP.

Baca Lainnya : Perum Bulog Siap Serap Gula Petani, Dengan Syarat...

Moeldoko menyebut, kondisi ini jelas memberatkan petani rakyat. Terlebih untuk para petani yang belum memiliki NPWP. Belum lagi, masalah lain yang membebani mereka. Masalah penjualan contohnya.

Jalan keluarnya, kata Moeldoko, Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution akan berdiskusi dengan Kementerian Keuangan terkait dengan pembebasan PPh dari setiap penjualan gula curah dari petani rakyat.

"Mau dibicarain ke Bu Menkeu (Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati) untuk dihapusin saja PPh-nya, tapi ini baru mau dibicarakan untuk Kemenkeu, PPh-nya dihapus saja biar petani nggak dibebani dan bisa bersaing, kemungkinannya dihapusin 0%," tutur Moeldoko.

Sementara itu, usai rapat Mendag juga mengatakan, hasil rapat tersebut akhirnya diputuskan untuk membebaskan Pajak Penghasilan (PPh) bagi para petani tebu rakyat. Turut diputuskan juga, harga pembelian gula hasil produksi petani rakyat sebesar Rp9.700 per kg.

Baca Lainnya : Petani Gula Tuntut Pemerintah, untuk Serap hasil Panen Mereka

"Pokoknya dia (Petani) minta Rp9.700 bebas pajak, PPN dan PPH. Itu mulai tahun lalu, supaya clear itu," kata Enggar.

Sebelumnya pemerintah sudah menghapus Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk produk pangan, salah satunya gula. Kebijakan ini tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 116/PMK.010/2017. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: