Rusia Dibidik Jadi Pasar Ekspor Manggis dan Salak RI

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
08 Juni 2018   22:30

Komentar
Rusia Dibidik Jadi Pasar Ekspor Manggis dan Salak RI

Ilustrasi buah manggis (Foto : Pixabay/GoPlaces)

Trubus.id -- Saat ini, pemerintah Indonesia terus mendorong ekspor komoditas pertanian ke luar negeri. Salah satu pasar potensial yang sedang dibidik pemerintah adalah Rusia.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyebutkan, Rusia menjadi pasar minyak sawit yang cukup baik. Tetapi, ekspor komoditas pertanian RI ke negara itu akan lebih diperluas.

"Jadi kita akan kerja sama perkuat CPO. Begitu juga untuk manggis dan salak. Kita akan ekspor ke Rusia," papar Amran seusai bertemu Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Verobieva di Kementan, Jumat (8/6).

Baca Lainnya : 7 Khasiat Luar Biasa Manggis, Si Ratu Buah yang Mendunia

Selain itu, buah nanas juga akan dimasukan dalam komoditas yang akan diekspor. Rencana ekspor buah-buahan ini juga mendapat tanggapan positif dari Verobieva. "Kami jelas terbuka dengan buah Indonesia yang masuk ke Rusia," tambah Verobieva.

Ia juga menekankan, hal terpenting  komoditas pertanian yang akan masuk harus memenuhi keamanan pangan. Begitu juga semua persyaratan di Rusia dan aturan yang berlaku di Eropa.

Baca Lainnya : Rajin Konsumsi Kulit Manggis Bisa Usir Penyakit Kritis

Di sisi lain, Kepala Badan Karantina Pertanian, Banun Harpini ketika menggelar Bulan Bakti Karantina di Gedung Angkasa Pura II menjelaskan, saat ini sudah terjadi peningkatan ekspor manggis.

Di tahun 2017, Indonesia sudah mengekspor 10.200 ton manggis ke lebih dari 20 negara. Kemudian tahun 2018, sudah dibuka pasar manggis ke China yang ditargetkan bisa mencapai 20 ribu ton manggis ke seluruh dunia.

"Sampai bulan Mei, ternyata kita telah berhasil ekspor sebanyak 29.500 ton," tandasnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: