Lawan Penolakan Sawit RI di Eropa, Kementan Gandeng Pemerintah Rusia

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
08 Juni 2018   20:00

Komentar
Lawan Penolakan Sawit RI di Eropa, Kementan Gandeng Pemerintah Rusia

Menteri Pertanian Amran Sulaiman (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman, hari ini bertemu Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva. Di kesempatan ini, Amran pun meminta dukungan pemerintah Rusia atas perjuangan pemerintah RI dalam melawan penolakan produk kelapa sawit Indonesia di dataran Eropa. 

"Jadi tadi kami diskusi dengan Duta Besar Rusia, poin pentingnya adalah kita akan mempererat terutama sektor pertanian. Karena kita tahu bahwa kita mengambil gandum dari Rusia dan kita juga mengekspor sawit (palm oil) ke Rusia," ujarnya di Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (8/6).

Baca Lainnya : Redam Kampanye Hitam Uni Eropa, Pelaku Usaha Sawit Indonesia Harus Punya ISPO Semua

Selain itu, Mentan juga meminta Pemerintah Rusia agar bisa mendukung produk kelapa sawit Indonesia, meski di tengah terpaan isu tak sedap sawit di benua biru tersebut.

"Saya juga sampaikan masalah sawit ini yang jadi perhatian kami, di mana selama ini biasanya dari negara eropa ada black campaign. Kami minta kita melakukan counter attack sehubungan dengan palm oil dari Indonesia dan kami sampaikan pendekatan jangan saja environment, deforestation tapi kami ingin pendekatannya community welfare," paparnya.

Baca Lainnya : Rambah Hutan Konservasi, BKSDA Babat 2000 Batang Sawit

Selain itu, Amran juga menerangkan pentingnya eksistensi produksi sawit bagi masyarakat Indonesia. Mengingat ada jutaan rakyat yang menggantungkan hidupnya di sawit.

"Ada kesejahteraan komunitas dan ada 30 juta orang yang tergantung pada sawit. Kalau dilakukan black campaign, maka otomatis bisa harga CPO turun dan ini akan berdampak tidak langsung pada kerusakan lingkungan karena masyarakat pindah ke hutan, membabat hutan karena harga turun," tandasnya. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: