Menteri Jonan Sambangi Pos Pengamatan Gunung Merapi

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
08 Juni 2018   10:00

Komentar
Menteri Jonan Sambangi Pos Pengamatan Gunung Merapi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengunjungi pos Pengamatan Gunung Merapi di Kaliurang, Kamis (7/6) malam guna melihat perkembangan aktivitas Gunung Merapi yang beberapa waktu belakangan ini kembali aktif dan mengeluarkan letusan freatik selama Mei sampai Juni.

Pada kunjungannya tersebut, Jonan menjelaskan, kondisi Gunung Merapi saat ini diprediksi akan tetap mengeluarkan hembusan asap. Meski begitu ia mengatakan jika hembusan asap tersebut tidak berbahaya sehingga warga sekitar belum perlu dilakukan evakuasi.

“Hembusan asap Merapi masih akan terjadi diperkirakan sampai akhir bulan selama masa mudik dan arus balik lebaran, tapi saya tegaskan jika hembusan tersebut tidak berbahaya,” ujarnya di Pos Pengamatan Kaliurang.

Lebih lanjut Jonan mengatakan yang tak dapat diprediksi terhadap dampak dari Gunung Merapi adalah transportasi udara, sebab beberapa kali letusan yang terjadi di Gunung Merapi menyebabkan terjadinya gangguan penerbangan di sejumlah bandara.

"Pertanyaannya penerbangan, taktikal, tergantung arah dan kecepatan angin. Kan bisa saja Gunung Merapi mengeluarkan hembusan asap yang tutup justru Bandara Ahmad Yani. Sedangkan Bandara Adisutjipto tetap buka. Hal-hal seperti itu kan tidak bisa diprediksi," papar Jonan.

Untuk itu Jonan mengimbau kepada masyarakat agar selalu mematuhi instruksi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG). Termasuk dilarang keras beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: