Nyaris jadi Santapan, Puluhan Penyu Hijau Selundupan, Dikembalikan ke Lautan

TrubusNews
Syahroni
07 Juni 2018   21:00 WIB

Komentar
Nyaris jadi Santapan, Puluhan Penyu Hijau Selundupan, Dikembalikan ke Lautan

Jajaran Polres Jembrana melepasliarkan penyu hijau hasil sitaan. (Foto : Doc/ Tribratanews, Polri)

Trubus.id -- Usai lolos dari cengkraman para penyelundup, puluhan penyu hijau yang berhasil disita jajaran Polres Jembrana Bali, akhirnya dikembalikan ke laut. Namun demikian, tidak semua satwa dilindungi itu dilepaskan. Polisi masih menahan beberapa ekor penyu sebagai barang bukti proses hukum.

Penyu-penyu malang yang rencananya dijual untuk dikonsumsi itu sebelumnya disita ari tangan Muh (63), warga Dusun Pangkung Dedari, Desa Melaya, Kecamatan Melaya.

Baca Lainnya : Polres Jembrana Gagalkan Penyeludupan 27 Ekor Penyu Hijau Ilegal

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Jembrana, AKP Yusak Agustinus Sooai mengatakan, Muh mengaku membeli penyu hijau itu dari seseorang di Madura dengan harga keseluruhan Rp15juta. Rencananya, penyu itu akan dijual lagi seharga Rp20 juta.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Balai konservasi Sumber Daya Alam Bali, I Ketut Catur Marbawa menjelaskan, jajaran Polres Jembrana sebelumnya berhasil mengamankan 27 ekor penyu hijau. Dari jumlah itu, hanya 2 ekor yang ditahan sebagai barang bukti. 4 lainnya terpaksa dirawat karena mengindap penyakit.

"Dari 27 ekor yang disita Polres Jembrana, sebanyak 21 ekor dilepas ke laut, dua ekor sebagai barang bukti untuk proses hukum lebih lanjut dan empat ekor kami rawat dulu karena sakit," ujar Ketut saat melepas penyu tersebut di Pantai Desa Perancak, Kecamatan Jembrana, Kamis (7/6).

Ketut menjelaskan, menurut pemeriksaan diketahui, 4 ekor penyu yang sakit diketahui mengidap sejenis tumor sehingga harus dirawat dan dioperasi terlebih dahulu.

Baca Lainnya : Viral, Penyu Dengan Tempurung Terluka, Bertelur di Pantai Banyuwangi

Ketut juga menyesalkan, masih ada transaksi satwa dilindungi dalam jumlah cukup besar di Bali.

"Terungkapnya kasus ini menjadi bukti bahwa ada oknum masyarakat yang mengonsumsi penyu hijau. Kami berharap, setelah menangkap penjualnya, polisi juga melacak siapa yang akan membeli penyu ini," katanya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: