Presiden Jokowi: Digitalisasi Pertanian Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Petani

TrubusNews
Ihsan Maulana
07 Juni 2018   20:30 WIB

Komentar
Presiden Jokowi: Digitalisasi Pertanian Bisa Tingkatkan Kesejahteraan Petani

Presiden RI, Joko Widodo (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Presiden Joko Widodo menyatakan, peran petani di Tanah Air akan semakin penting dan strategis di masa depan, oleh sebab itu harus ada upaya pengembangan yang seiring dengan kemajuan digitalisasi teknologi pertanian.

"Jadi kita sekarang tidak lagi bisa berdiam diri, tenang duduk-duduk melihat sektor pertanian seperti saat ini. Tetapi sudah saatnya memperbaiki diri, berbenah agar produktivitas petani meningkat," tegas Presiden di sela kunjungan kerja peluncuran Program Kewirausahaan Petani dan Digitalisasi Pertanian, di Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis (7/6).

Baca Lainnya : Jokowi: Agar Kesejahteraan Bisa Tercapai, Petani Harus Terorganisir

Selanjutnya, di hadapan sekitar 500 petani yang hadir, Jokowi menegaskan peran petani sangat strategis karena pangan menjadi salah satu komoditas yang jadi rebutan negara-negara di dunia.

"Maka dari itu, keharusan adanya digitalisasi pertanian yang didukung kemampuan kewirausahaan petani, jadi faktor utama memenangkan persaingan dan kompetisi di bidang pangan," imbuhnya.

Jokowi juga menyadari, pentingnya mengembangkan teknologi dan kemampuan wirausaha petani, terlebih saat pascapanen menjadi krusial karena banyak keuntungan yang bisa didapat petani.

“Kalau petani kita masih seperti sekarang, hanya menjual gabah, percaya sana saya, sampai kapan pun tidak akan ada peningkatan kesejahteraan petani,” tandasnya.

Baca Lainnya : Ini Kata Menteri BUMN Soal Program Kewirausahaan Petani dan Digitalisasi Pertanian

Sebelumnya, Presiden mengunjungi  Mitra Badan Usaha Milik Desa Bersama (MBB) Sliyeg, yang merupakan mitra binaan PT Telkom Indonesia Tbk.

MMB Sliyeg sendiri merupakan salah satu pilot project kewirausahaan petani, yang telah menerapkan sistem digitalisasi pertanian dengan sebuah aplikasi Logistik Tani (LOGTAN). [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: