Produksi Lancar, Komoditas Cabai dan Bawang Aman Jelang Lebaran

TrubusNews
Ihsan Maulana
07 Juni 2018   20:00 WIB

Komentar
Produksi Lancar, Komoditas Cabai dan Bawang Aman Jelang Lebaran

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Pemerintah hingga kini masih terus berupaya menjaga stabilitas harga berbagai kebutuhan pokok. Tak hanya beras, daging sapi dan daging ayam, komoditas cabai juga jadi perhatian.

Pun demikian, Direktur Jenderal Hortikultura, Kementerian Pertanian (Kementan), Suwandi menyatakan, produksi dan pasokan cabai serta bawang masih dalam kondisi aman terkendali. Ia juga memastikan harga cabai dan bawang selama Ramadan hingga setelah lebaran bisa stabil.

Baca Lainnya : Surplus Produksi, Stok Cabai Nusantara Aman Hingga Akhir Ramadan

"Untuk harga cabai merah besar dan bawang merah terpantau stabil. Bahkan untuk cabai merah besar, tren harganya makin turun. Bawang putih yang masih didominasi pasokan impor juga menunjukkan tren menurun, demikian juga untuk bawang bombai, meski kebutuhannya tidak terlalu besar," papar Suwandi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (7/6).

Hal tersebut disebutnya berdasarkan hasil pemantauan harga riil harian Tim Posko Bawang Cabai, Kantor Ditjen Hortikultura Pasarminggu Jakarta.

"Indikatornya jelas ya, produksi cabai terpantau kontinu di sentra-sentra utama seperti Magelang, Sleman, Temanggung, Blitar, Kediri, Cianjur, Bandung dan sebagainya. Bawang merah saat ini juga memasuki panen raya di Brebes, Nganjuk, Bima dan Enrekang sehingga pasokan setelah lebaran dijamin aman dan harganya stabil," imbuhnya.

Sementara itu, harga cabai rawit merah di 43 pasar retail yang ada di DKI Jakarta selama Ramadan terpantau berkisaran di harga Rp35.000 - Rp7.000/kg. Kondisi ini diketahui jauh lebih rendah bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yang rata-rata mencapai Rp50.874/kg. Harga cabai merah keriting hingga hari ke-22 Ramadan juga masih stabil di angka Rp33.000 - Rp34.000 per kg.

Baca Lainnya : Panen Raya Cabai di Kulon Progo Sebabkan Harga di Pasar Induk Kramatjati Lebih Ramah

Ia merinci, harga cabai merah besar dalam seminggu terakhir menunjukkan tren penurunan di rentang harga Rp40.000 - Rp42.000 per kg. Sementara harga bawang merah terpantau stabil di harga Rp31.000 - Rp32.000 per kg.

Pada komoditas bawang putih, pihaknya mencatat pergerakan harganya stabil di kisaranRp31.000 - Rp32.000 per kg. Suwandi menambahkan, jika pada Lebaran tahun lalu, bawang putih di tingkat eceran bisa mencapai lebih dari Rp53.000/kg. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Bina Swadaya Kritisi UU Kontroversial Cipta Kerja

Peristiwa   24 Nov 2020 - 18:26 WIB
Bagikan:          
Bagikan: