Perum Bulog Siap Serap Gula Petani, Dengan Syarat...

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
07 Juni 2018   15:15

Komentar
Perum Bulog Siap Serap Gula Petani, Dengan Syarat...

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita berharap agar pemerintah bisa menyerap gula hasil panen petani lokal. Bahkan Enggar mengatakan, pihaknya sudah mengirimkan surat ke Menteri BUMN, Rini Soemarmo untuk menugaskan Perum Bulog untuk melakukan hal itu.

Hal ini karena penugasan kepada Bulog saat ini sudah mulai diberlakukan dengan sistem satu arah yaitu melalui Kementerian BUMN. Langkah itu bertujuan untuk menghindari tumpang tindih tugas pokok dan fungsi Bulog.

Baca Lainnya : Petani Gula Tuntut Pemerintah, untuk Serap hasil Panen Mereka

Penugasan BUMN pelat merah ini sebelumnya hanya berdasarkan Rapat Koordinasi Terbatas (Rakortas).

Dalam Rakortas juga diputuskan pembelian gula petani oleh Bulog tidak akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 116 Tahun 2017 tentang barang kebutuhan pokok yang tidak dikenai PPN.

Menanggapi hal itu, Perum Bulog sendiri sudah menyatakan kesiapannya untuk melakukan penyerapan gula milik petani jika ada penugasan pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Direktur Komersial Bulog, Tri Wahyudi Saleh menyatakan, Bulog bertugas sebagai operator penyalur komoditas pangan. Sehingga pihaknya harus siap melakukan penyerapan, sejauh ada penugasan.

Dikatakan Tri, Bulog saat ini masih memiliki stok gula dalam jumlah yang besar di gudang.

"Saat ini, pasokannya sebanyak 150 ribu ton dari posisi sebelumnya 400 ribu ton," ujar Tri di Jakarta, Kamis (7/6).

Baca Lainnya : Stok Gula Dijamin Kemendag Aman Jelang Bulan Puasa

Untuk itu, pihaknya menjelaskan dalam kegiatan operasionalnya, Bulog telah menjual pasokan gula ke daerah non-produsen tebu. Sebagian besar serapan antara lain berada di Medan, Aceh, dan Kalimantan.

“Jumlahnya sudah berkurang jauh karena kami jual ke daerah lain,” sambung Tri. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: