Zona Eksklusi Chernobyl Kebakaran, Radiasi Nuklir Meningkat?

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
07 Juni 2018   11:30

Komentar

Ilustrasi chernobyl (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Otoritas Ukraina baru-baru ini mengonfirmasi telah terjadi  kebakaran di zona eksklusi di sekitar Chernobyl. Meski  peristiwa ini terjadi  di tempat kecelakaan nuklir terburuk di dunia pada 1986, tetapi tingkat radiasinya masih dalam batas yang aman.

“Tingkat radiasi tidak meningkat baik di dalam zona eksklusi atau di area sekitarnya,” ungkap pengelola zona itu dalam sebuah pernyataan.

Baca Lainnya : Iradiasi, Solusi Alternatif Peningkatan Ekspor dan Perlindungan Pangan

Perdana Menteri Volodymyr Groysman menulis di media sosial, situasinya sepenuhnya terkendali. 

“Saya menekankan sekali lagi, tingkat radiasi di Kiev dan Chernobyl aman, termasuk situs pembangkit listrik Chernobyl. Karena itu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan.” jelasnya. 

Baca Lainnya : Gempa Guncang Iran, Keamanan Pembangkit Nuklir Dipertanyakan

Kebakaran itu terjadi pada Selasa pagi di area beradiasi tinggi kurang dari 10 kilometer dari pembangkit listrik dan kemudian menyebar sekitar 10 hektar di daerah hutan, ungkap layanan darurat negara dalam beberapa pernyataan.

Lebih dari 130 petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api selain dua pesawat dan helikopter yang menyemprotkan air ke lokasi kebakaran, ungkap layanan darurat negara, seraya menambahkan bahwa angin tidak berembus ke arah ibu kota Kiev. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Menhub Budi Karya Apresiasi Petugas Perlintasan di Medan

Thomas Aquinus Krisnaldi   Peristiwa
Bagikan: