Satgas Satwa dan Tumbuhan Liar Berhasil Amankan Puluhan Satwa Liar di Riau

TrubusNews
Ihsan Maulana
06 Juni 2018   19:15 WIB

Komentar
Satgas Satwa dan Tumbuhan Liar Berhasil Amankan Puluhan Satwa Liar di Riau

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Satgas Satwa dan Tumbuhan Liar (STL) yang terdiri dari personel gabungan Polda Riau dan BBKSDA Riau, berhasil mengamankan sebanyak 53 jenis satwa liar di Riau.

"Jadi selama kita menggelar operasi dari 14 Mei hingga 6 Juni, ada 53 jenis satwa liar yang berhasil kita amankan," ujar Direskrimsus Polda Riau, Kombes Gidion Arif Setiawan kepada awak media, Rabu (6/6).

Baca Lainnya : Polisi dan BBKSDA Sita 44 Ekor Satwa Liar Dilindungi

Sementara itu, satwa liar yang disita yakni belasan ekor jenis burung elang hitam dan elang laut. Selain itu ada beruang madu, buaya muara, kijang, siamang, kura-kura, labi-labi serta kancil.

Puluhan hewan liar diamankan dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Riau. Operasi ini juga ditujukan untuk menyelamatkan satwa liar dilindungi dari kepunahan. Pihak satgas juga mengincar pemburu dan pedagang satwa liar.

"Satwa-satwa ini diamankan dari masyarakat ya, dan ada juga yang diserahkan ke kita," lanjutnya.

Baca Lainnya : BKSDA Titip Empat Satwa Sitaan di Kebun Binatang Bali

Selanjutnya, satwa liar yang diamankan akan diserahkan ke BBKSDA Riau, setelah itu akan dilepasliarkan ke habitat aslinya.

"Saat ini satwa-satwa itu kita titipkan di BBKSDA Riau. Kita harapkan masyarakat lainnya yang merasa memelihara satwa liar sebaiknya diserahkan ke tim Satgas juga ," imbau Gidion. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: