BPPTKG Sebut, Erupsi Freatik Tidak Mengancam Jiwa Masyarakat, Tapi...

TrubusNews
Ihsan Maulana
06 Juni 2018   17:15 WIB

Komentar
BPPTKG Sebut, Erupsi Freatik Tidak Mengancam Jiwa Masyarakat, Tapi...

Erupsi Gunung Merapi (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Masyarakat yang menghuni lereng Gunung Merapi, sempat dibuat resah saat gunung tersebut mengalami letusan freatik beberapa waktu lalu. Namun demikian, menurut Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), erupsi yang terjadi sepanjang bulan Mei-Juni 2018 itu tidak mengancam jiwa penduduk.

"Erupsi freatik yang terjadi saat ini bukan menjadi bahaya utama yang mengancam jiwa penduduk. Namun erupsi ini bisa menjadi indikasi untuk aktivitas selanjutnya," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam konferensi persnya, Rabu (6/6).

Baca Lainnya : Merapi Keluarkan Asap Solfatara Pagi Ini, Status Masih Waspada

Hanik menambahkan, saat erupsi freatik terjadi, material yang dihasilkan jumlahnya kurang dari 100 ribu meter kubik. Letusan tersebut didominasi oleh aktivitas pelepasan gas dengan warna letusan putih keabu-abuan. Ia menegaskan, letusan yang muncul bukan wedus gembel maupun awan panas.

"Untuk material abu yang terbawa oleh letusan Mei-Juni berasal dari material lama," imbuhnya.

Kemudian Hanik menjabarkan, tinggi kolom letusan yang terjadi pada 11 Mei lalu, mencapai 5,5 km. Sementara letusan terakhir tanggal 1 Juni mencapai 6 km. Tinggi kolom ini, masih tergolong kecil apabila dibanding erupsi tahun 2010 yang mencapai 12 km.

Baca Lainnya : BPPTKG Sebut, Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Masih Tinggi

Letusan Merapi pada bulan Mei-Juni lalu juga tidak bisa dibandingkan dengan letusan yang terjadi tahun 2006 atau 2010. Karena kedua letusan itu disertai prekursor atau gejala awal sebelum letusan. Tetapi letusan Mei-Juni 2018 lalu tidak disertai prekursor.

"Letusan Merapi tahun 2006 dan 2010 itu memiliki prekursor yang jelas. Mulai dari awal kenaikan aktivitas saja sudah jelas. Semua parameter menandakan adanya kenaikan aktivitas, baik EDM, seismik, maupun dari kimianya," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: