Agar Bansos Tepat Sasaran, Bappenas Inginkan Basis Data Terpadu Diperbaiki

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
06 Juni 2018   16:15

Komentar
Agar Bansos Tepat Sasaran, Bappenas Inginkan Basis Data Terpadu Diperbaiki

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Badan Perencanaaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro berharap, tahun 2018 ini jumlah penerima rastra yang telah beralih ke Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bisa mencapai 10 juta keluarga. Dan selanjutnya, pada tahun 2019 bisa beralih seluruhnya.

Alasannya, agar bantuan pemerintah subsidi beras yang mencapai Rp30 triliun bisa lebih tepat sasaran.

Baca Lainnya : Minimalisir Penyimpangan Rastra Kemensos Siap Turun Tangan

"Oleh karena itu, basis data terpadu menjadi penting. Basis data terpadu terus diperbaiki di bawah koordinasi dengan Kemensos dan BPS, sehingga kami berharap anggaran besar bansos ke depan akan langsung tepat sasaran," ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/6).

Bambang menjelaskan pentingnya strategi pemerintah dalam mengurangi kemiskinan adalah melalui subsidi tepat sasaran langsung kepada keluarga atau individu penerima.

"Oleh karena itu, akan sangat baik kalau bisa memetakan di mana saja mereka itu berada," katanya, dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta yang digelar Selasa (5/6) kemarin.

Ia mengatakan bahwa pemerintah pusat akan terus memperbaiki penyaluran subsidi dan bantuan sosial supaya lebih tepat sasaran, terutama untuk Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga dan beras sejahtera (rastra) bagi 15 juta keluarga.

Khusus untuk rastra, menurutnya, proses untuk memperbaiki pembagiannya yang sering tidak tepat jumlah dan tidak tepat waktu adalah melalui pengalihan menjadi bantuan pangan nontunai (BPNT).

Baca Lainnya : Tingkatkan Daya Beli Masyarakat, Bulog Alokasikan Rastra

"Rastra mulai 2017 sekitar 1,4 juta dari 15 juta keluarga penerima sudah dialihkan menjadi BPNT, jadi tidak lagi pemerintah melalui berbagai jalur memberikan beras kepada keluarga, tetapi mereka diberikan voucher yang hanya bisa dibelikan beras dan telur," ucapnya.

Selain itu, ia menambahkan, Bappenas juga mendorong peran pemerintah daerah dalam upaya pengentasan kemiskinan melalui program daerah yang mendukung strategi pengurangan kemiskinan oleh pemerintah pusat. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: