Satelit BMKG Kembali Deteksi Lima Titik Panas yang Tersebar di Aceh

TrubusNews
Ihsan Maulana
06 Juni 2018   15:45 WIB

Komentar
Satelit BMKG Kembali Deteksi Lima Titik Panas yang Tersebar di Aceh

Ilustrasi (Foto : Pixabay/skeeze)

Trubus.id -- Satelit Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hari ini kembali mendeteksi lima titik panas baru yang tersebar di Provinsi Aceh.

"Jadi pagi tadi, satelit mendeteksi lima titik panas di Aceh," ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi, BMKG Stasiun Meteorologi Blang Bintang, Zakaria Ahmad di Aceh Besar, Rabu (6/6).

Baca Lainnya : BMKG Blang Bintang Temukan 2 Titik Panas Baru di Aceh, Tapi...

Ia menambahkan, dari hasil pantauan sensor modis yang terpasang di satelit Terra dan Aqua, diketahui kelima titik panas itu berada di wilayah Barat dan Selatan Aceh, yang meliputi Kabupaten Nagan Raya sebanyak tiga titik. Dua titik panas sisanya berada di Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Aceh Barat.

"Khusus dua titik panas, dari analisa kita patut di duga sebagai titik api dari kebakaran hutan dan lahan. Yaitu di Singkil yang memiliki tingkat kepercayaan 88 persen, dan Nagan Raya miliki kepercayaan 71 persen," sambungnya.

"Selain itu, Aceh juga telah masuk musim kemarau. Hutan maupun lahan gambut sangat rawan terbakar karena kondisi kering," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Aceh, Teuku Ahmad Dadek melaporkan, sekitar satu hektare lahan gambut di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh terbakar.

Baca Lainnya : BMKG Ungkap Potensi Titik Panas Meningkat Mulai Juni 2018

"Kita dapat informasi, sekitar satu hektare gambut telah terbakar pada Senin (4/6)," paparnya.

Ia menjelaskan, lahan yang terbakar berada di pinggir jalan lintas Meulaboh, Aceh Barat menuju Banda Aceh. Di kilometer 46, Desa Seunebok Tengoh, Kecamatan Arongan Lambalek. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: