Indonesia-Denmark Berkolaborasi Atasi Masalah Sampah

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
06 Juni 2018   13:30

Komentar
Indonesia-Denmark Berkolaborasi Atasi Masalah Sampah

Ilustrasi pengelolaan sampah modern (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Indonesia-Denmark melakukan kerjasama dalam pengelolaan sampah, pengurangan produksi serta menggunakan sampah yang telah diolah untuk mendorong kelestarian lingkungan dan dapat dimanfaatkan menjadi energi terbarukan.

Dubes Denmark untuk Indonesia Rasmus mengatakan, pihaknya akan berbagi pengalaman dengan Indonesia dalam hal ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk mengatasi masalah pengelolaan sampah.

“Selain berbagi pengalaman, kami juga akan membantu dengan cara memberikan dukungan konkret yang bertujuan menyelesaikan masalah sampah,” ucapnya di Jakarta, Rabu (6/6).

Baca Lainnya : Hari Lingkungan Hidup, KLHK Ajak Kelola Sampah Plastik Lebih Serius

Rasmus mengatakan, pemerintah Denmark dan Indonesia akan berupaya mengumpulkan cara terbaik pengelolaan sampah dan menjabarkannya menjadi praktik yang mudah diakses dan dipahami semua warga khususnya di Jakarta.

Selain itu ia juga ingin membantu menyediakan data banyaknya limbah, karena jika kita tidak mengetahui seberapa banyak limbah yang dihasilkan setiap harinya maka akan sulit untuk memecahkan masalah sampah.

Baca Lainnya : Indonesia Siap Memimpin Pengendalian Sampah dan Mikroplastik Asia Tenggara

Dengan pengetahuan tersebut, maka dapat diwujudkan program tepat sasaran yang akan memberikan banyak manfaat bagi pengurangan polusi sampah.

Untuk itu, Rasmus berpesan kepada warga agar menjaga kelestarian alam yang ada di Indonesia baik hutan ataupun laut dari kerusakan akibat tumpukan sampah.

“Jika bukan kita yang menjaganya semua keindahan pasti akan hilang,” ucapnya.

Baca Lainnya : Sampah Menggunung, TPA Kaliori Banyumas Dibuka Kembali

Dubes Rasmus menuturkan, pemerintah Denmark juga memberikan bantuan teknis dengan mengirimkan ahli dari Denmark ke Indonesia.

"Kedutaan saya yang mengkoordinasikan ahli teknis Denmark agar datang ke Indonesia untuk mengajar dan memberikan pengalaman mereka kepada pihak Indonesia," tutupnya. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: