HET Beras Medium Mau Dipangkas, Ini Kata Enggartiasto Lukita

TrubusNews
Astri Sofyanti
06 Juni 2018   10:15 WIB

Komentar
HET Beras Medium Mau Dipangkas, Ini Kata Enggartiasto Lukita

Mendag Enggartiasto Lukita (Foto : Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Baru-baru ini pemerintah berencana memangkas harga eceran tertinggi (HET) beras kualitas medium. Rencananya pemerintah akan menurunkan harga beras medium sebesar Rp 500.

Sebelum merealisasikannya, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita akan melakukan diskusi terlebih dahulu dengan Perpadi (Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia).

Baca Lainnya: Pemerintah Tunda Rencana Pangkas HET Beras Medium, Kenapa?

“Kita sambil lihat perkembangannya dalam beberapa hari, nanti kita bicarakan dulu dengan Perpadi,” kata Enggar ketika ditemui di Kementeria Perdagangan, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menjelaskan, rencana pemangkasan HET beras medium saat ini masih sebatas tahap evaluasi rencana kebijakan belum merealisasikannya, hal ini karena pemerintah perlu menimbang dampak dari melakukan pemangkasan HET beras medium.

Baca Lainnya: Jelang Idul Fitri, Stok Beras Bulog Sumut 80.000 Ton

“Makanya sekarang kita baru evaluasi, apakah kita perlu ini, dan kita juga harus lihat dampanya baru bisa menetapkan,” paparnya.

Menurut Enggar pemerintah memang ingin membuat harga beras lebih murah. Tapi kebijakan ini dinilainya perlu diaplikasikan secara bertahap.

"Saat ini kita mencoba menarik ke bawah harganya, tapi dengan kita lihat perkembangannya, dari perkembangan yang ada itu baru bertahap. Tapi itu nanti, kalau sekarang diturunkannya terlalu jauh kemudian tidak applicable, itu kan masih ini. Itu sebabnya kita akan lihat perkembangan dalam beberapa hari ini," tutupnya [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

KKP Hentikan Sementara SPWP Ekspor Benih Bening Lobster

Peristiwa   26 Nov 2020 - 17:29 WIB
Bagikan:          
Bagikan: