Petani Gula Tuntut Pemerintah, untuk Serap hasil Panen Mereka

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
05 Juni 2018   22:45

Komentar
Petani Gula Tuntut Pemerintah, untuk Serap hasil Panen Mereka

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gula merupakan salah satu komoditas yang dibutuhkan masyarakat. Karena itu, tidak tepat jika komoditas ini dikenakan PPN, seperti halnya beras, jagung kedelai yang tidak dikenakan PPN oleh pemerintah. 

Karena kelebihannya itulah, para petani tebu meminta merealisasikan pembelian gula tani oleh Perum Bulog. Harga yang diminta pun harus sesuai dengan ketetapan sebesar Rp9.700 per kilogram (kg).

Baca Lainnya : Jaga Stabilitas Harga, Bulog Divre Aceh Siagakan 3.200 Ton Gula Pasir

Para petani tebu yang tergabung dalam Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) pun kini menuntut pemerintah segera melaksanakan hal itu. Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukia pun membenarkan adanya tuntutan tersebut. Ketua APTRI, Arum Sabil yang menyampaikannya. 

"Petani tebu meminta untuk segera direalisasikan penugasan Perum Bulog untuk membeli gula petani Rp9.700 per kilogram dan meminta supaya itu tidak dikenakan pajak," kata Enggar di sela acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa (5/6).

Mengenai hal itu, Enggar mengaku pihaknya sudah menyampaikannya dalam rapat Koordinasi di kantor Menteri Koordinator Perekonomian. Namun, belum ada data terkait berapa banyak jumlah stok yang dimiliki para petani tersebut.

Baca Lainnya : Harga Pangan Sering Bergejolak, Buwas Siap Perbaiki Regulasi Harga

"Saya sudah laporkan di Rakor Menko, dan saya sudah menyiapkan, serta mengirim surat kepada Menteri BUMN untuk supaya menugaskan Perum Bulog untuk membeli," ujar Enggar.

Sebelumnya, pada tahun 2017, Menteri keuangan sudah menjanjikan untuk tidak mengenakan pajak terhadap komoditas gula. Karena itu, para petani menuntut hal itu untuk segera direalisasikan lagi di tahun ini. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: