Korban Tewas Gunung Meletus di Guatemala, Bertambah Jadi 69 Orang

TrubusNews
Binsar Marulitua
05 Juni 2018   22:00 WIB

Komentar
Korban Tewas Gunung Meletus di Guatemala, Bertambah Jadi 69 Orang

Erupsi gunung berapi Feugeo, Guatemala. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Operasi petugas penyelamat menemukan lebih banyak jenazah korban letusan gunung berapi Fuego di Guatemala. Bahkan hingga Selasa (5/6), jumlah korban tewas meningkat menjadi 69 orang.

David de Leon, juru bicara badan manajemen bencana Guatemala mengatakan, beberapa jenazah lainnya telah ditemukan di reruntuhan pedesaan di sisi selatan gunung berapi, yang terkena bencana tersebut.

Jumlah korban sebelumnya adalah 25 orang. Pihak berwenang telah memperingatkan bahwa jumlah korban tewas bisa meningkat karena sejumlah orang telah dilaporkan hilang.

De Leon mengatakan bahwa sekitar 1,7 juta orang sudah terpengaruh ketika gunung berapi itu meletus pada Minggu (3/5), memuntahkan abu ke langit dan mengirim hujan batu serta lumpur panas ke bawah gunung, mengubur sejumlah rumah.

Terakhir kali Fuego meletus pada 2002, dan terus aktif pada 2017. Sejumlah ledakan terjadi dan gumpalan abu terlihat pada 19-21 Mei serta semburan lumpur vulkanik pada 17 Mei.

Keadaan darurat terakhir terjadi pada September 2012, menyebabkan evakuasi sekitar 10.000 orang dari pedesaan di lerengnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: