BBKSDA Pasang Kamera Intai, Guna Melacak 2 Harimau Sumatera di Inhu

TrubusNews
Syahroni
05 Juni 2018   18:15 WIB

Komentar
BBKSDA Pasang Kamera Intai, Guna Melacak 2 Harimau Sumatera di Inhu

Ilustrasi (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Pencarian jejak Harimau Sumatera yang belakangan meresahkan warga Desa Lembah Dusun Gading, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, terus dilakukan. Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau juga telah memasang dua kamera pengintai.

Menurut Kepala Bidang Wilayah I BBKSDA Riau, Mulyo Hutomo, dua kamera dipasang di lokasi penemuan jejak-jejak harimau, tepatnya di areal perkebunan sawit PT Seko Indah yang terletak di desa tersebut.

Baca Lainnya : Warga Indragiri Hulu Resah, Ada Harimau Liar Berkeliaran Dekat Pemukiman Mereka

"Kamera dipasang untuk merekam fisik harimau, karena selama ini baru penemuan jejak," sebut Hutomo kepada wartawan, Selasa (5/6).

Menurut Hutomo, dari kamera pengintai ini juga akan diketahui, apakah kemunculan harimau itu terjadi terus-terusan, atau hanya numpang lewat cari makan saja. 

"Kalau terus-terusan berarti kita baru ambil langkah-langkah selanjutnya," tuturnya.

Ia menjelaskan, kemunculan harimau yang mulai dilaporkan masyarakat sejak awal pekan ini dengan temuan jejak-jejak itu bisa jadi karena harimau sedang mencari makan. Hal itu mengingat daya jelajah harimau yang begitu besar mencapai puluhan hingga ratusan kilometer. Meski begitu, dia mengatakan pihaknya bersama dengan TNI dan Polri terus melakukan pemantauan.

"Terlepas dari apakah dia mencari makan atau lainnya, kita tetap melakukan pemantauan dan terus 'update' perkembangan dari sana," jelasnya.

Sebelumnya, pengakuan pekerja sawit di lokasi menyebut ada dua ekor harimau. Hanya saja belum bisa dipastikan apakah kedunya induk dengan anaknya atau bukan. Pasalnya saat ini petugas gabungan masih melacak jejaknya.

Menurut Kepala Resort BBKSDA Riau di Rengat, Indragiri Hulu, Permohonan Lubis, dua ekor harimau itu melintas dari Koramil ke PT Seko Indah. Keduanya diperkirakan menuju areal PT PAS di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu.

"Tim gabungan dari BKSDA, Polri dan TNI masih menyusuri jejeknya," sebut Parmohonan.

Permohonan menyebutkan, Harimau Sumatera melintas di kabupaten ini bukan pertama kali. Dia menyebut Indragiri Hulu memang menjadi daerah perlintasan. Pihaknya sudah mencatat beberapa kejadian.

Baca Lainnya : Ternyata Ada Dua Ekor Harimau Yang Melintas di Kebun Sawit di Riau

"Tahun 2005 pernah kejadian, ditemukan tiga ekor Harimau Sumatera di sekitaran wilayah PTPN Bukit Selasih," katanya.

Selanjutnya pada tahun 2010 ada harimau lainnya yang melintas di depan SMPN 9. Berikutnya pada tahun 2017, warga melihat  harimau melintas di Desa Payarumbai, Kecamatan Seberida.

"Kemudian tahun ini, kembali warga melihat harimau yang melintas di areal PT Seko Indah. Untuk memastikannya saat ini tim gabungan masih melakukan pencarian," kata Permohonan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: