Sebelum Turunkan HET, DPR Minta Kemendag Pantau Stok Beras Tanah Air

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
05 Juni 2018   17:15

Komentar
Sebelum Turunkan HET, DPR Minta Kemendag Pantau Stok Beras Tanah Air

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dewan Perwakian Rakyat (DPR) RI menilai, kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) menurunkan harga eceran tertinggi (HET) beras dirasa kurang tepat. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo.

Edy mengatakan, regulasi yang dibuat Kemendag untuk masyarakat sangat penting dilakukan. Namun ia menilai, hal yang paling penting bukanlah menentukan harga.

Baca Lainnya : Sambut Lebaran, Pemerintah Akan Turunkan HET Beras Medium

"Dia intervensinya sejauh mana. Dia tahu tidak berapa beras yang dikuasai oleh pemerintah, berapa yang di masyarakat," ucapnya di Jakarta baru-baru ini.

Pihaknya juga menanyakan, apakah Kementerian Pertanian (Kementan) mengetahui pasokan yang dimiliki oleh Perum Bulog. Menurut Edhy, jika berbicara mengenai konsumsi beras masyarakat berkaitan dengan stok beras yang ada di tingkat produksi, jadi konsumen tidak akan mengeluhkan harga beras yang mahal.

Ia mencontohkan para petani tentu akan merasa senang dengan harga yang tinggi hingga melewati harga pembelian Bulog. Untuk itu, pemerintah pun berupaya menekan harga dengan memasukkan beras impor yang dijual di atas Rp9.000 per kilogram (kg). Harga beras impor yang tinggi justru tidak bisa menekan harga menjadi lebih rendah.

Baca Lainnya : Ingin Lindungi Petani Indonesia, Alasan Buwas Enggan Impor Beras

“Selama ini kan harga turun, tapi nyatanya enggak turun-turun,” paparnya.

Padahal apapun regulasinya, intinya adalah regulasi yang begitu sampai konsumen tidak menekan konsumen. Patut diketahui, HET beras saat ini berada di kisaran Rp8.000. Dikatakan Edhy, ini merupakan angka yang tepat mengingat harga gabah di petani saat ini masih berada di kisaran Rp5.000 per kg. [RN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: