Di Pasar Cijantung, Harga Daging Sapi Disaingi Harga Ayam Kampung

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Juni 2018   17:00 WIB

Komentar
Di Pasar Cijantung, Harga Daging Sapi Disaingi Harga Ayam Kampung

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Memasuki minggu-minggu akhir bulan suci Ramadan, harga komoditas ayam kampung mulai merambah naik. Di Pasar Cijantung, Jakarta Timur, harga daging ayam kampung kini terpantau cukup tinggi yakni sekitar Rp120.000 per ekor. Padahal biasanya harga ayam kampung hanya berkisar Rp80.000 per ekornya.

Salah seorang pedagang ayam kampung di Pasar Cijantung, Jaelani mengatakan, sudah menjadi tradisi mendekati Lebaran harga ayam kampung memang cenderung tinggi.

Baca Lainnya : Kenaikan Harga Daging Ayam Ras dan Telur, Sumbang Inflasi di Bulan Mei 2018

“Tingginya harga ayam kampung juga tergantung ukurannya, yang ukurannya besar sebelum puasa sekitar Rp80 ribu sekarang jadi Rp120 ribu per ekornya,” ucapnya di Pasar Cijantung, Selasa (5/6).

Ia juga memprediksi, harga ayam kampung akan kembali naik menjelang Lebaran. Hal tersebut terjadi karena permintaan masyarakat untuk mengonsumsi ayam kampung meningkat saat Lebaran tiba.

“Kalau dekat Lebaran biaya pengiriminan dari peternak juga naik, Lebaran nanti bisa-bisa harganya Rp150.000 malah bisa Rp170.000 per ekornya,” tambah Jaelani.

Baca Lainnya : Selama Dolar Naik, Harga Daging Ayam Tidak Akan Mau Turun?

Hal serupa juga terjadi dengan harga ayam potong/broiler. Saat ini di Pasar Cijantung, harganya juga mulai merangkak naik. ‎Ijah, seorang pedagang ayam potong mengatakan, harga ayam potong berukuran besar sekarang mencapai Rp38.000 per kg. Sedangkan untuk ayam yang berukuran kecil dijual seharga Rp25.000 per kg.

"Naiknya sih sedikit-sedikit. Sekitar Rp500 sampai Rp1000 tapi tiap hari ada kenaikan. Sampai Lebaran biasanya bisa terus naik," papar Ijah. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: