Merapi Keluarkan Asap Solfatara Pagi Ini, Status Masih Waspada

TrubusNews
Astri Sofyanti
05 Juni 2018   10:30 WIB

Komentar
Merapi Keluarkan Asap Solfatara Pagi Ini, Status Masih Waspada

Gunung Merapi Keluarkan Asap Solfatara Pagi Ini (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi mengumumkan, Selasa (5/6) Gunung Merapi mengeluarkan asap kawah atau solfatara bertekanan lemah hingga tebal.  

"Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas tipis, sedang, hingga tebal dan tinggi 10 sampai 20 meter di atas puncak kawah," ungkap Penyusun Laporan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Heri Suparwaka dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/6).

Berdasarkan pantauan BPPTKG pukul 00.00 sampai 06.00 WIB, ada sejumlah aktivitas kegempaan di Gunung Merapi.

Gempa hembusan tercatat terjadi satu kali dengan amplitudo 9 mm dan durasi 17,5 detik, gempa guguran tercatat tiga kali terjadi dengan amplitudo 3 hinga 12 mm dan durasi 21 sampai 50 detik, gempa hybrid satu kali terjadi dengan amplitudo 14 mm dan durasi 19 detik, serta gempa tektonik jauh dua kali terjadi dengan amplitudo 5 mm dan durasi 68.9 sampai 255 detik.

Baca Lainnya: 7 Tahun Pasca Erupsi, Apa Kabar Lereng Gunung Merapi?

Padahal pagi ini cuaca di Gunung Merapi cerah berawan dan desikit mendung dengan angin yang bertiup lemah ke arah selatan, barat daya, dan barat. Suhu udara 16 sampai 20.8 derajat Celsius kelembaban udara 71-94 persen dan tekanan udara 871 sampai 918.8 mmHg.

Untuk itu, Kepala BPPTKG Hanik Humaida meminta masyarakat tidak panik dengan asap solfatara yang belakangan ini sering berhembus dari pucak Merapi.

Pihaknya menjelaskan bahwa asap solfatara yang keluar dari gunung di perbatasan Sleman serta Magelang, Boyolali, Klaten yang berada di Jawa Tengah merupakan peristiwa normal yang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik dari Gunung Merapi.

Berdasarkan data aktivitas vulkanik Merapi, hingga saat ini BPPTKG masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada.

 

 

Foto: istimewa

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: