Kenaikan Harga Daging Ayam Ras dan Telur, Sumbang Inflasi di Bulan Mei 2018

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Juni 2018   17:45 WIB

Komentar
Kenaikan Harga Daging Ayam Ras dan Telur, Sumbang Inflasi di Bulan Mei 2018

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto (Foto : Trubus.id/ Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Memasuki minggu ke dua bulan Ramadan, harga komoditas daging ayam dan telur mengalami pergolakan. Menanggapi hal itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto menyatakan, kenaikan kedua komoditas itu ditambah meningkatnya tarif angkutan udara, mempengaruhi tingkat inflasi pada bulan Mei 2018.

Suhariyanto menerangkan, inflasi yang terjadi akibat kenaikan harga tiga komoditas ini tercatat mencapai 0,21 persen.

Baca Lainnya : Tekan Kenaikan Harga, Pemkot Bandung Suplai Daging Ayam Beku ke Pasaran

"Inflasi 0,21 persen ini secara umum dipengaruhi oleh kenaikan harga daging ayam ras, telur ayam ras dan tarif angkutan udara," ujar Suhariyanto, dalam jumpa persnya di Jakarta, Senin (4/6).
 
Suhariyanto menambahkan, kenaikan harga tiga komoditas ini terjadi setelah adanya peningkatan permintaan secara musiman, khususnya menjelang Lebaran. Tidak hanya ketiga komoditas ini saja yang menyumbang inflasi, tetapi komoditas lain yang turut mengalami kenaikan harga menjelang Lebaran ialah baju muslim wanita.
 
"Sementara kenaikan harga baju muslim wanita juga memberikan andil sebesar 0,01 persen pada kelompok sandang," imbuhnya.

Selain itu, kelompok makanan jadi yaitu minuman, rokok dan tembakau juga tercatat ikut mengalami inflasi sebesar 0,31 persen. Lalu diikuti kelompok bahan makanan dan kelompok kesehatan yang masing-masing sebesar 0,21 persen.

Baca Lainnya : Satu Ton Daging Ayam Beku Mulai Disalurkan Bulog Bengkulu

"Komoditas bahan makanan yang menyebabkan inflasi yakni daging ayam ras dengan andil 0,07 persen, telur ayam ras dengan andil 0,06 persen, ikan segar dengan andil 0,03 persen dan bawang merah dengan andil 0,02 persen," tandasnya.
 
Di sisi lain, kelompok bahan makanan yang mengalami penurunan harga dan ikut menekan inflasi pada Mei yakni cabai merah, bawang putih, beras dan cabai rawit. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: