Di Dasarian ke 2 dan 3 Juni, Kemarau Rambah Seluruh Wilayah Jawa Tengah

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Juni 2018   14:15 WIB

Komentar
Di Dasarian ke 2 dan 3 Juni, Kemarau Rambah Seluruh Wilayah Jawa Tengah

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kepala Kelompok Teknisi Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, secara umum, wilayah Jawa Tengah diprakirakan sudah memasuki musim kemarau pada bulan Juni 2018 ini.

"Beberapa wilayah Jateng bagian Timur sudah memasuki musim kemarau pada bulan Mei, kemudian beberapa daerah di pegunungan tengah diprakirakan memasuki musim kemarau pada dasarian (10 hari) kedua, atau ketiga bulan Juni 2018," ujarnya di Cilacap, Senin (4/6).

Baca Lainnya : Baru Masuk Musim Kemarau, 42 Desa di Sampang, Sudah Kekeringan

Ia menambahkan, dari peta prakiraan awal musim kemarau yang dikeluarkan Stasiun Klimatologi Semarang, wilayah yang memasuki musim kemarau pada dasarian kedua atau ketiga Juni 2018, yakni sebagian besar Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara bagian Utara, sebagian besar Wonosobo, Pemalang bagian Selatan, Pekalongan bagian Selatan, serta Batang bagian Selatan.

"Sementara akumulasi curah hujan pada musim kemarau, maksimum 150 milimeter dalam sebulan, sehingga jika kurang dari 150 milimeter sudah bisa dikatakan musim kemarau," tambahnya.

Meski beberapa daerah sudah memasuki musim kemarau, namun untuk beberapa wilayah lainnya masih berpotensi diguyur hujan pada bulan Juni ini. Wilayah itu diantarnya adalah Cilacap bagian barat, Cilacap bagian Selatan dan Cilacap bagian Timur.

Baca Lainnya : Kemarau Tiba, Dua Desa di Gunung Kidul Krisis Air

Teguh memprediksi, puncak musim kemarau akan berlangsung pada bulan Agustus 2018, yang bersamaan dengan puncak musim angin Timuran, yang berlangsung di wilayah perairan Selatan Jateng. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Jokowi: Sekarang Semua yang Keluar Rumah Harus Pakai Masker

Peristiwa   06 April 2020 - 17:02 WIB
Bagikan: