Usai Mangsa 5 Unggas Warga, Macan Tutul Ini Terjebak di Kandang Ayam

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Juni 2018   13:45 WIB

Komentar
Usai Mangsa 5 Unggas Warga, Macan Tutul Ini Terjebak di Kandang Ayam

Macan tutul yang terjebak di kandang ayam warga Pengalengan, dievakuasi petugas gabungan, Senin (4/6) dinihari. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga Kecamatan Pengalengan, Kabupaten Bandung gempar. Seekor macan tutul ditemukan masuk ke pemukiman warga. Yang bikin heboh, satwa dilindungi itu ditemukan warga terjebak dalam kandang ayam warga.

Kuat dugaan, macan tutul yang kelaparan itu sengaja turun gunung untuk mencari mangsa. Karena itu, ia masuk pemukiman dan memangsa tiga ekor ayam serta dua ekor itik milik warga.

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat, Sustyo Iriyono mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan adanya macan tutul yang masuk pemukiman dari pihak keamanan setempat, Minggu (3/6) malam.

Baca Lainnya : Hii... Ada Macan Tutul Sembunyi di Kolong Rumah Warga Sukabumi

"Banbinsa Desa Sukaluyu dan Desa Cihideung atas nama Sertu TNI Didin Wahyudin melaporkan di kandang unggas milik warga di Kampung Ciruntah, Desa Cihideung, Kecamatan Pengalengan, telah masuk seekor macan tutul," ucapnya di Bandung, Senin (4/6).

Usai mendapatkan laporan, tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan BBKSDA Jawa Barat yang dibantu personel yang dilengkapi senapan bius dari Bonbin Bandung, langsung meluncur menuju ke lokasi kejadian.

Saat tiba di lokasi, tim gabungan terlebih dahulu memblokir kandang. Setelah berhasil di kepung, macan tutul tersebut ditembak dengan tembakan bius oleh petugas.

Tim gabungan berhasil melumpuhkan macan tutul selang dua jam kemudian. Sekitar pukul 00.15 Senin (4/6) dini hari, usai dilakukan identifikasi secukupnya, satwa yang sudah mulai langka itu dibawa untuk kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan selanjutnya.

Baca Lainnya : Macan Tutul yang Dievakuasi dari Sukabumi, Langsung Dilepasliarkan

“Jika keadannya sehat, kami berencana langsung melepaskannya kembali ke habitatnya di hutan CA, Gunung Tilu. Diketahui macan tutul berjenis kelamin jantan berusia sekitar 1,5 tahun dengan berat 25 kilogram yang diperkirakan berasal dari hutan CA, Gunung Tilu,” ungkapnya.

Ia menuturkan, agar konflik satwa tidak berkepanjangan, tim juga telah memberikan ganti rugi kepada warga seharga 5 ekor unggas yang telah dimangsa oleh macan tutul tersebut. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: