Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

TrubusNews
Ihsan Maulana
04 Juni 2018   11:45 WIB

Komentar
Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem

Sejumlah Wilayah di NTT Alami Kekeringan Ekstrem (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, sejumlah wilayah di pulau NTT saat ini sedang dilanda kekeringan ekstrem.

"Wilayah-wilayahnya sekitar Wulandoni, Kabupaten Lembata dan wilayah Temu Kanatang dan Malahar di Kabupaten Sumba Timur," ungkap Kepala BMKG Stasiun Klimatologi kelas II Kupang, Apolinaris Geru dalam penyampaian hasil monitoring Hari Tanpa Hujan di NTT, Senin (4/6).

Ia melanjutkan, dari hasil monitoring Hari Tanpa Hujan berturut-turut (HTH), pada dasarian III Mei 2018 tercatat, wilayah NTT pada umumnya mengalami kriteria Hari Tanpa Hujan, dengan kategori sangat panjang yaitu 31-60 hari.

Baca Lainnya: Hadapi Bencana Kekeringan di Musim Kemarau, Ini yang Dipersiapkan BPBD NTT

"Namun ada beberapa wilayah yang mengalami HTH dengan kategori kekeringan ekstrem lebih 60 hari," tambahnya.

Untuk hasil analisis curah hujan dasarian III Mei 2018, umumnya wilayah Nusa Tenggara Timur, mengalami curah hujan berkategori rendah 0-50 mm.

Terkait dengan peluang dasarian I Juni 2018, ia menegaskan, dari peta prakiraan peluang curah hujan, diketahui umumnya wilayah NTT diprediksi memiliki peluang curah hujan pada 0-20 mm.

"Lalu sebagian besar wilayah Kabupaten Malaka, sebagian kecil Kabupaten Belu, dan sebagian Kabupaten Timor Tengah Selatan diperkirakan berpeluang hujan, berkisar di 21-50 mm sebesar 30-80 persen," tutup Apolinaris.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: