Selama Ramadan, TPS Liar Bertebaran di Karawang 

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
04 Juni 2018   10:45

Komentar
Selama Ramadan, TPS Liar Bertebaran di Karawang 

TPS liar yang bertebaran (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Meningkatnya jumlah produksi makanan selama Ramadan membuat volume sampah yang ada di Karawang, Jawa Barat kian bertambah, bahkan kini banyak titik-titik tempat pembuangan sampah (TPS) liar menghiasi jalan.

Iwan salah seorang warga yang tinggal di Johar, Kelurahan Karawang Wetan mengaku sebelumnya wilayahnya tidak pernah ada tumpukan sampah.

“Saat Ramadan di sekitar permukiman kami banyak tumpukan sampah, padahal kawasan ini bukan TPS,” ucapnya, Senin (4/6).

Iwan menduga awalnya titik sampah liar ini menumpuk di dekat jembatan Johar, padahal jelas-jelas tempat itu bukan tempat pembuangan sampah.

Merespon hal tersebut, warga lansung membakarnya.  Namun karena sekarang volumenya bertambah, sampah-sampah tersebut tak bisa lagi langsung dibakar,” tambahnya.

Untuk itu, warga setempat berharap agar petugas sampah bisa mengangkut sampah yang menumpuk di TPS liar itu.

Tumpukan sampah juga terjadi selama beberapa hari terakhir di sejumlah titik TPS. Bahkan, terjadi penumpukan sampah di TPS-TPS di sepanjang sisi saluran irigasi, dari mulai belakang Kodim hingga daerah sekitar Desa Warung Bambu.

Tumpukan sampah di TPS tersebut membuat sampah tumpah ke saluran irigasi. Kondisi itu diduga terjadi karena Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Karawang tidak mampu mengangkut seluruh sampah dari tempat pembuangan sementara ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalupang.

Kepala Bidang Kebersihan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan setempat Nevi Fatimah sebelumnya mengakui volume sampah selama bulan Ramadan meningkat drastis.

"Kalau timbunan sampah itu fluktuatif. Kalau volume sampah selama Ramadan memang akan bertambah," ucap Nevi.[KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: