Gunung Merapi Kembali Keluarkan Asap Putih Pagi Ini

TrubusNews
Astri Sofyanti
04 Juni 2018   09:45 WIB

Komentar
Gunung Merapi Kembali Keluarkan Asap Putih Pagi Ini

Gunung Merapi Kembali Keluarkan Asap Putih Pagi Ini (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melalui akun resminya, Senin (4/6) sekitar pukul 06.04 WIB memperlihatkan foto hasil pemantauan Gunung Merapi melalu satelit.

Hasil pantauan tersebut memperlihatkan Gunung Merapi kembali mengeluarkan asap putih pagi ini. Pemantauan juga dilakukan dari pos pemantauan Gunung Merapi di Jrakah, Babadan, Kaliuran, Yogyakarta.

“Pantauan dilakukan dari Pos PGM Jrakah, Babadan, Kaliurang, terlihat ada kepulan asap berwarna putih, tebal.” tulis akun Twitter @BPPTKG.

“Tekanan gas lemah, tinggi kurang lebih 1000 meter arah condong ke Barat. Tingkat aktivitas Gunung Merapi saat ini masih berstatus waspada,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui pada (1/6) lalu, Gunung Merapi kembali alami erupsi. Kolom letusan 2.500 meter mengarah ke timur laut. Akibat letusan itu juga mengakibatkan beberapa area hutan di lereng Merapi tepatnya di hulu Kali Apu di atas Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, terbakar.

Kondisi tersebut membuat warga sekitar memutuskan untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman untuk menghindari dampak erupsi Gunung Merapi. Bahkan beberapa warga desa Glagaharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, sampai saat ini masih bertahan di barak pengungsian Balai Desa Glagaharjo. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: