Tagana Manfatkan "Google Earth" Untuk Siaga Merapi

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
04 Juni 2018   10:00

Komentar

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial menyiapkan sistem informasi terkait kesiapsiagaan dan penanganan menghadapi erupsi Gunung Merapi.

"Sistem informasi ini sangat diperlukan untuk memastikan seluruh kebutuhan pengungsi dan warga yang terdampak erupsi Merapi terpenuhi dan penanganan kebencanaan telah dilakukan dengan tepat," kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Minggu (3/6).

Sistem informasi yang memanfaatkan "Google Earth" tersebut digunakan untuk memetakan dan memperbarui informasi dan data logistik bencana, permakanan, peta potensi wilayah terancam, kesiapan Kampung Siaga Bencana, perkiraan pengungsi, mengetahui jenis kebutuhan dasar disetiap titik pengungsian, stok logistik dan lainnya.

Baca Lainnya : BPPTKG Himbau Jangan Panik Dengan Asap Solfatara di Gunung Merapi

Harry mengatakan, kesiapsiagaan menghadapi bencana sangat penting terutama bagi semua pihak dan warga di sekitar lokasi rawan bencana dalam upaya mitigasi dan untuk mengurangi risiko bencana Gunung Merapi .

Terkait kesiapsiagaan Gunung Merapi, Harry memastikan ketersediaan logistik, kesiapsiagaan Tagana dan pemerintah sudah siap sehingga saat bencana terjadi semuanya sudah siap sedia.

"Persediaan logistik di gudang logistik penanggulangan bencana Dinas Sosial DI Yogyakarta jumlahnya mencukupi," tambah Harry.

Baca Lainnya : BPPTKG Sebut, Aktivitas Vulkanik Gunung Merapi Masih Tinggi

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyatakan hingga saat ini Gunung Merapi masih berada dalam status waspada atau level II 

Laporan terbaru BPPTKG, pukul 00.00-06.00 WIB secara visual terpantau cuaca cerah dan berawan, suhu udara 15.3-17.8 derajat celsius, dengan kelembaban udara 65-65 persen, dan tekanan udara 870.3-872.8 mmHg. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: