Genjot Produktivitas Lele, Ini Keunggulan Inovasi Bioflok

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
03 Juni 2018   22:30

Komentar
Genjot Produktivitas Lele, Ini Keunggulan Inovasi Bioflok

Dirjen Perikanan Budi Daya KKP, Slamet Soebjakto (Foto : Trubus.id/Binsar Marulitua)

Trubus.id -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus mendorong penerapan ilmu dan teknologi (iptek)  untuk menggenjot produktivitas sektor perikanan dan mengimbangi peningkatan laju konsumsi. Salah satu inovasi teknologi perikanan budi daya yang implementatif dan ramah lingkungan, seperti pengembangan budi daya ikan sistem bioflok.

Dirjen Perikanan Budi Daya, KKP Slamet Soebjakto menegaskan, sistem bioflok ini mampu menggenjot produktivitas ikan menjadi lebih tinggi, penggunaan lahan yang tidak terlalu luas dan hemat air. Melalui rekayasa lingkungan yaitu mengandalkan suplai oksigen dan pemanfaatan mikroorganisme, teknologi ini secara langsung dapat meningkatkan nilai kecernaan pakan (FCR).

Baca Lainnya : Disperindag Buleleng Akan Gelar Pasar Murah Selama Ramadan

"Teknologi budi daya bioflok memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan sistem konvensional. Untuk ikan lele, misalnya, padat tebar dapat ditingkatkan dari 100 ekor/m3 menjadi 1/000 ekor/m3, waktu pemeliharaan juga dapat dipersingkat menjadi 75-90 hari saja dari sebelumnya 90-110 hari," jelas Slamet, di Jakarta, Minggu (3/6).

Selain itu, Ditambahkan Slamet, penggunaan pakan lebih efisien, jika pada teknologi konvensional FCR bisa mencapai 1,2 maka dengan teknologi bioflok hanya 0,8. Artinya, untuk menghasilkan 1 kg ikan, cukup menghabiskan 0,8 kg pakan.

"Secara hitung-hitungan bisnis, usaha ini juga sangat profitable. Sebagai ilustrasi, dalam 1 unit usaha lele dengan 12 kolam berukuran diameter 3 m dengan benih sebanyak 36.000 ekor, mampu memproduksi 4,3 ton ikan per siklus, sehingga pembudidaya dapat meraup pendapatan sekitar Rp292 juta per tahun (4 siklus) atau sekitar Rp24 juta per bulan," paparnya.

Baca Lainnya : Beda Dengan di Karang Asem, Guncangan Gempa Buleleng Terasa Hingga Kota Mataram

Kelebihan lainnya, ujar dia, budi daya bioflok juga dapat diintegrasikan dengan sistem hidroponik, secara teknis air buangan limbah budidaya yang mengandung mikroba dapat dimanfaatkan sebagai pupuk yang baik bagi sayuran.

Pada tahun ini KKP mengalokasikan bantuan budi daya lele sistem bioflok sebanyak 150 paket, dengan rincian 50 paket dari pusat dan 100 paket dari unit pelaksana reknis (UPT). Bantuan tersebut terbagi atas dua skema, yaitu untuk di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa. 

Di Pulau Jawa bantuan berupa 12 unit kolam bulat dengan diameter 3 m, 36 ribu ekor benih ikan lele, 4,08 ton pakan, obat ikan dan vitamin, dan peralatan operasional. 
Sedangkan di luar Pulau Jawa bantuan berupa 10 unit kolam bulat dengan diameter 3 m, 30 ribu ekor benih ikan lele, 3,4 ton pakan, obat ikan dan vitamin, dan peralatan operasional. 

Baca Lainnya : Bangkai Paus Sperma dengan Isi Perut Terburai, Ditemukan Warga di Pantai Buleleng

Produksi langsung yang didapatkan dari bantuan tersebut setidaknya 587,8 ton per siklus atau 2.351 ton ikan lele per tahun dengan nilai ekonomi sebesar Rp39,97 miliar.

Sebelumnya, Menteri KKP Susi Pudjiastuti menyatakan, beragam inovasi riset kelautan dan perikanan yang dilakukan peneliti nasional dapat mendorong kejayaan Indonesia sebagai poros maritim dunia dan membantu nelayan Nusantara.

"Saya berharap para peneliti melakukan inovasi-inovasi riset kelautan dan perikanan yang bisa membantu nelayan meningkatkan taraf hidup," katanya.

Baca Lainnya : Terapkan Salibu, Buleleng Sukses Panen Raya

Inovasi diharapkannya yang memberi solusi-solusi terbaik dalam bidang budi daya, mampu menjaga keanekaragaman hayati kelautan perikanan, dan mendorong dan mendukung kemandirian dan kedaulatan negara

Ia juga menginginkan agar iptek ditempatkan pada bagian integral seluruh kegiatan pelayanan masyarakat dan wujud pengabdian kepada bangsa dan negara, baik melalui penyusunan kebijakan dan regulasi, maupun implementasi kelautan dan perikanan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: