Ternyata Ada Dua Ekor Harimau Yang Melintas di Kebun Sawit di Riau

TrubusNews
Thomas Aquinus
03 Juni 2018   22:00 WIB

Komentar
Ternyata Ada Dua Ekor Harimau Yang Melintas di Kebun Sawit di Riau

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga Dusun Gading, Desa Lembah, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, mulai resah dengan kehadiran Harimau Sumatera. Hewan belang ini melintas di perkebunan sawit dan Koramil setempat.

Tak hanya satu, pekerja sawit setempat melihat ada dua ekor harimau. Hanya saja belum bisa dipastikan apakah keduanya induk dengan anaknya karena petugas gabungan masih melacak jejaknya.

Menurut Kepala Resort BBKSDA Riau di Rengat, Indragiri Hulu, Permohonan Lubis, dua ekor harimau itu melintas dari Koramil ke PT Seko Indah. Keduanya diperkirakan menuju areal PT PAS di Desa Pematang Jaya, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu.

Baca Lainnya : Warga Indragiri Hulu Resah, Ada Harimau Liar Berkeliaran Dekat Pemukiman Mereka

"Tim gabungan dari BKSDA, Polri dan TNI masih menyusuri jejeknya," sebut Parmohonan, Minggu  (3/6/2018) siang.

Permohonan menyatakan, perihal penampakan harimau ini masih kesaksian warga dan pekerja sawit. Tim yang turun ke lokasi belum melihat secara langsung meski sudah menemukan jejak harimau.

"Diperkirakan jejak tapak itu sudah lama karena sudah tumbuh tanaman rumput. Bisa jadi itu jejak harimau, tapi harimau dahan, bukan Harimau Sumatera. Makanya tim masih di lapangan memastikannya," kata Permohonan.

Permohonan menyebutkan, Harimau Sumatera melintas di kabupaten ini bukan pertama kali. Dia menyebut Indragiri Hulu memang menjadi daerah perlintasan. Pihaknya sudah mencatat beberapa kejadian.

Baca Lainnya : Meski Hamil Muda, Sopi Rantang si Harimau Sumatera Akan Dilepasliarkan

"Tahun 2005 pernah kejadian, ditemukan tiga ekor Harimau Sumatera di sekitaran wilayah PTPN Bukit Selasih," katanya.

Selanjutnya pada tahun 2010 ada harimau lainnya yang melintas di depan SMPN 9. Berikutnya pada tahun 2017, warga melihat  harimau melintas di Desa Payarumbai, Kecamatan Seberida.

"Kemudian tahun ini, kembali warga melihat harimau yang melintas di areal PT Seko Indah. Untuk memastikannya saat ini tim gabungan masih melakukan pencarian," kata Permohonan. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: