Keren, Warga Boyolali Bisa Sulap Sampah Plastik jadi BBM

TrubusNews
Syahroni | Followers 2
31 Mei 2018   22:45

Komentar
Keren, Warga Boyolali Bisa Sulap Sampah Plastik jadi BBM

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebuah inovasi dibuat warga Desa Tawangsari, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Di tengah gencarnya pemerintah menangani persoalan sampah dan krisis energi, warga di desa itu muncul dengan sebuah ide yang bisa menangani kedua masalah tersebut.

Yah, di bawah program binaan PT Pertamina, warga di desa tersebut berhasil mengolah sampah menjadi bahan bakar minyak alternatif. Di tangan mereka, sampah anorganik dari tempat pengolahan sampah diubah menjadi BBM. Sementara sampah organik dirubahnya menjadi kompos.

Baca Lainnya : Antisipasi Cadangan Minyak Habis, Ganggang akan Disulap Menjadi Enegi Terbarukan

"Lima kilogram sampah plastik kering bisa menghasilkan 2,5 liter bensin, solar dan minyak tanah," jelas Kepala Desa Tawangsari, Yayuk Tutiek Supriyanti, Kamis (31/5).

Yayuk mengakui, proses pengolahan sampah menjadi BBM ini masih dalam tahap percobaan. Proyek ini sendiri baru 1 bulan berjalan. karena itu, hasilnya belum bisa dipasarkan. 

Namun demikian Yayuk menjelaskan, sampai saat ini, PT Pertamina terminal BBM Boyolali saja yang baru menampung BMM hasil olahan warga. BBM itu dipakai untuk kegiatan simulasi pemadaman kebakaran.

Tak hanya itu, BBM hasil pengolahan sampah itu juga digunakan untuk operasional mesin-mesin pengolahan sampah sehingga prosesnya lebih efisien.

Baca Lainnya : Kerjasama Dengan Belgia, Menteri LHK akan Sulap Sampah Untuk Energi Industri

Yayuk juga menjelaskan, dibutuhkan beberapa tahap untuk mengubah sampah anorganik ini menjadi BBM. Pertama, sampah dijemur hingga benar-benar kering. Lalu sampah itu melalui 3 tahap proses penyulingan selama kurang lebih 2-3 jam.

Tahap pertama, plastik dimasukan dalam drum untuk dipanaskan. Kedua, uap dari pemanasan akan keluar dari pipa pendingin. Terakhir, dari pipa pendingin bahan bakar akan terpisah berdasarkan konsentrasi masing-masing menjadi bensin, solar dan minyak tanah. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: