Baru Masuk Musim Kemarau, 42 Desa di Sampang, Sudah Kekeringan

TrubusNews
Syahroni
31 Mei 2018   21:45 WIB

Komentar
Baru Masuk Musim Kemarau, 42 Desa di Sampang, Sudah Kekeringan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Beberapa wilayah di Indonesia sudah mulai memasuki musim kemarau. Bahkan dibeberapa daerah, bencana kekeringan sudah mulai terjadi. Di Kabupaten Sampang, Jawa Timur ini contohnya.

Di Kabupaten ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang mencatat, sediktinya ada 42 desa yang tersebar di 10 kecamatan yang sudah mengalami kekeringan dan kekurangan air bersih.

Baca Lainnya : Kemarau Tiba, Dua Desa di Gunung Kidul Krisis Air

"Warga di sana saat ini sudah kesulitan mendapatkan air bersih karena sumber mata air di sumur-sumur warga sudah kering," terang kepala BPBD Sampang, Anang Djunaidi, Kamis (31/5).

Anang menambahkan, dari 10 kecamatan yang sudah mulai kekeringan, kondisi terparah bisa dijumpai di Kecamatan Sreseh. Namun demikian, dia tidak menampik, dengan kondisi cuaca yang bertambah parah, kekeringan seperti ini bisa meluas lagi.

Ia menjelaskan, saat ini di Kecamatan Sreseh terdapat 12 desa. Sepuluh diantaranya sudah dalam kondisi kekeringan parah. Untuk itu Anang mengaku telah berkoordinasi dengan BNPB dan BPBD Jatim untuk meminta bantuan pendistribusian air bersih ke kecamatan itu. 

Baca Lainnya : Musim Kemarau, Dinkes NTT Imbau Warga Jangan Minum Air Sembarangan

"Sebenarnya, Pemkab Sampang tahun ini telah mengalokasikan anggaran untuk melakukan pengeboran di sejumlah wilayah yang rawan kekeringan dan kekurangan air bersih, tapi belum terlaksana," katanya lagi.

Selain kekeringan dan kurang air bersih, bencana lain yang mengintai di musim kemarau seperti saat ini menurut Anang adalah kebakaran. Tahun lalu ia menyebut, di Sampang terjadi 10 kasus kebakaran. Karena itu ia mengimbau agar masyarakat lebib berhati-hati akan datangnya bencana di musim kemarau seperti saat ini. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Presiden Jokowi Siapkan Labuan Bajo untuk Pertemuan G20

Peristiwa   20 Jan 2020 - 17:21 WIB
Bagikan:          
Bagikan: