Seekor Lumba-lumba, Ditemukan Tak Bernyawa di Pantai Bengkulu

TrubusNews
Syahroni
31 Mei 2018   20:45 WIB

Komentar
Seekor Lumba-lumba, Ditemukan Tak Bernyawa di Pantai Bengkulu

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Warga sekitar Pantai Padang Bakung, Kecamatan Semidang Alas Maras, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Kamis (31/5) gempar. Pagi sekitar pukul 7, mereka berlarian ke pinggir pantai dengan wajah penasaran.

Kedatangan warga ke tepi pantai itu ternyata karena keingintahuan mereka yang mendapat kabar kalau ada seekor lumba-lumba yang ditemukan terdampar di pantai itu. Namun sayangnya, lumba-lumba itu sudah tidak bernyawa.

Baca Lainnya : Miris, Dua Ekor Lumba-lumba di Karimun Jawa Ditemukan Tak Bernyawa

Penemuan bangkai lumba-lumba berjenis kelamin jantan itu hanya berjarak 10 meter dari batas cagar alam Air Alas.

"Bangkainya ditemukan jam tujuh pagi di pantai. Panjang tubuhnya dua meter dan beratnya lebih dari 100 kilogram," kata Yepri, nelayan setempat.

Setelah lebih dari dua jam sejak ditemukan, akhirnya sekitar pukul 10.00 WIB, warga desa beramai-ramai menguburkan bangkai mamalia laut tersebut.

Menanggapi temuan itu, Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (RKSDA) Manna Rinjuwan Widi mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab matinya hewan langka itu.

Baca Lainnya : Sembelih Lumba-lumba, Warga Bali di Tangkap Polisi

"Ada kemungkinan disebabkan penyakit, perubahan iklim dan stres karena ada kompetitor di laut," ujarnya.

Lumba-lumba merupakan mamalia laut yang cerdas. Hewan ini memiliki sistem alamiah tubuh sangat kompleks. Keberadaan lumba-lumba di suatu wilayah mengindikasikan laut masih memiliki banyak ikan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: