Meski Terlihat Lebih 'Tenang', Status Gunung Merapi Tetap Waspada

TrubusNews
Ihsan Maulana
30 Mei 2018   20:45 WIB

Komentar
Meski Terlihat Lebih 'Tenang', Status Gunung Merapi Tetap Waspada

Erupsi gunung Merapi. (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Sudah sepekan terakhir pasca erupsi, belum ada perubahan aktivitas yang signifikan dari Gunung Merapi. Hal itu disampaikan petugas Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Namun demikian, BPPTKG masih mempertahankan status Gunung Merapi di level II atau waspada.

Baca Lainnya : Tetap Harus Waspada, Puluhan Pengungsi Merapi Kembali ke Rumah

"Jadi Gunung Merapi memang kelihatannya tenang, namun aktivitas vulkaniknya tetap ada sehingga status gunung api tersebut masih di tingkat waspada," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida di Yogyakarta, Rabu (30/5).

Salah satu aktivitas yang menonjol, terjadi dalam dua hari terakhir, yaitu munculnya embusan dan guguran. Embusan sendiri menandakan adanya aktivitas di permukaan dalam pelepasan gas, sedangkan guguran menandakan material yang terlepas.

Sebelumnya, pada Selasa (29/5), terjadi dua kali embusan dan meningkat menjadi tiga kali embusan pada Rabu (30/5) hingga pukul 12.00 WIB siang tadi. Guguran juga terjadi dari enam kali, jadi tujuh kali pada hari ini.

Hanik mengatakan, pasca letusan beberapa waktu lalu, kondisi material di puncak gunung diprediksi tidak stabil, yang diperparah dengan cuaca panas dan kering menyebabkan material di puncak mudah terlepas.

Baca Lainnya : BPPTKG Memprediksi, Sifat Letusan Gunung Merapi Mengarah ke Efusif

Sementara itu, aktivitas gempa tektonik masih terjadi, demikian juga dengan gempa vulkanik.

"Potensi terjadinya letusan seperti beberapa hari lalu juga masih ada, itu bisa 50:50, sehingga statusnya tetap dipertahankan waspada sampai sekarang. Untuk itu, kami terus pantau bagaimana perkembangannya," paparnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Tiga Desa di Kota Batu Terdampak Angin Kencang

Peristiwa   17 Nov 2019 - 17:06 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: