Mentan: Stok Beras Bulog Saat Ini, Cukup Penuhi Kebutuhan Sampai Akhir Tahun

TrubusNews
Astri Sofyanti
30 Mei 2018   19:45 WIB

Komentar
Mentan: Stok Beras Bulog Saat Ini, Cukup Penuhi Kebutuhan Sampai Akhir Tahun

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, saat ini stok beras dalam negeri ada sebanyak 1,4 juta ton. Stok tersebut dikatakan Amran bisa memenuhi kebutuhan masyarakat sampai akhir tahun 2018 mendatang.

Tapi, Mentan mengatakan jika nantinya stok tersebut akan bertambah menjadi 2 juta ton, hal ini terjadi seiring bertambahnya penyerapan beras oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) ke hasil panen milik petani.

Baca Lainnya : Menteri Pertanian Mulai Mengambil Alih Kegiatan Bulog

"Realisasi stok beras kita sekarang sebanyak 1,4 juta ton. Ini masih panen terus dan sebentar lagi bisa mencapai 2 juta ton dan itu sangat besar," ucap Amran di Kementerian Pertanian, Jakarta, Rabu (30/5).

Ia menyebut, serapan gabah yang dilakukan Perum Bulog saat ini sudah cukup baik karena mampu melakukan pengadaan beras. Bahkan menurut Amran, sejak Selasa (29/5) kemarin, penyerapan Bulog sudah mencapai 14.000 ton. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi kinerja Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas).

"Stabil (penyerapan). Jadi penyerapan Bulog tidak ada masalah. Kemarin saja ada 14 ribu ton. Serapannya cukup tinggi, saya apresiasi Dirut Bulog yang baru (Budi Waseso). Ini sangat cukup untuk Lebaran bahkan sampai Desember nanti," jelas Amran.

Baca Lainnya : Bulog Geledah Pasar untuk Tekan Harga Beras

Ia pun mengatakan, pasokan pangan sampai Lebaran nanti juga dalam kondisi aman. Stok yang dimiliki Bulog lebih dari cukup sehingga masyarakat tak perlu khawatir dengan stok pangan yang ada.

“Mendekati Lebaran kita juga sudah siapkan tambahan sebesar 20 persen dari biasanya,” tutup Amran. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: