Perhutanan Sosial, Bentuk Penghormatan Hak Masyarakat

TrubusNews
Binsar Marulitua | Followers 0
30 Mei 2018   11:30

Komentar
Perhutanan Sosial, Bentuk Penghormatan Hak Masyarakat

Hutan, Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya menekankan bahwa akses kelola dan produktivitas adalah hal yang penting yang ditekankan dalam Perhutanan Sosial. Melalui Perhutanan Sosial, masyarakat dihormati haknya sebagai warga negara, karena dapat memanfaatkan kawasan hutan.

"Ada manfaat disitu, ada nilai produktivitas, ada nilai produksi yang bisa dibangun, nilai produktivitas yang bisa dibangun dalam kehidupan, bukan hanya untuk makan tapi juga membangun ekonomi, jadi kalau tadi segala macam itu bisa terjadi, nanti ekonomi di desa juga bisa tumbuh," Jelas Menteri Siti. 

Selain  hal-hal tersebut, Menteri Siti percaya bahwa Perhutanan Sosial akan menjadikan masyarakat sebagai SDM profesional, karena masyarakat memiliki kemampuan, dapat produktif, dan bisa membangun negara, dalam hal ini sebagai pelaku usaha. 

"Jadi yang berusaha bukan cuma pebisnis-pebisnis hebat atau konglomerat saja, tapi masyarakat juga bisa berbisnis. Oleh karena itu, di dalam prakteknya nanti ada akses, ada fasilitasi, juga ada pelatihan atau transfer management. Jadi yg penting lagi bahwa kita memanfaatkan hutan dengan manajemen korporat", ujar Menteri Siti .

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL), Bambang Supriyanto, menyampaikan data capaian Hutan Sosial melalui pemberian ijin pemanfaatan perhutanan sosial, yang telah diterbitkan KLHK yaitu sebanyak 4.439 SK, dengan jumlah KK 372.566, seluas 1.6005.446,12 ha. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: