Karena Penyakit Ini, 126.000 Ternak di Selandia Baru Akan Dimusnahkan

TrubusNews
Binsar Marulitua
28 Mei 2018   22:15 WIB

Komentar
Karena Penyakit Ini, 126.000 Ternak di Selandia Baru Akan Dimusnahkan

Sapi ternak di Selandia Baru. (Foto : Doc/RNZ)

Trubus.id -- Sebuah penyakit yang biasa menyerang ternak sapi, tengah mewabah di Selandia Baru. Dampaknya, pemerintah di negara tersebut sampai mengambil keputusan berat dengan mengeluarkan perintah pemusnahan 126.000 ternak sapi.

Pemerintah Selandia Baru mengeluarkan perintah itu, Senin (28/5). Langkah ini diambil karena pemerintah ingin melindungi perekonomian negara tersebut. Upaya ini sendiri dilakukan sebagai jalan memberantas penyakit Mycoplasma bovis, yang menyebabkan infeksi ambing, pneumonia dan artritis pada ternak sapi.

Baca Lainnya : Flu Burung Kembali Merebak di Bengkulu, Peternak Waspada

“Ini keputusan berat, tidak ada yang ingin melihat pemusnahan massal. Namun jika tidak, akan ada penyebaran penyakit ke gembala nasional kita,” kata Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern.

Penyakit Mycoplasma bovis memang diketahui tidak berpengaruh pada susu dan daging yang dikonsumsi manusia. Namun langkah ini terpaksa diambil karena pemerintah ingin mengendalikan wabah penyakit itu agar tidak menyebar.

Ardern mengatakan, Selandia Baru yang sangat bergantung pada peternakan untuk pendapatan ekspornya, ingin memberantas penyakit itu secara menyeluruh.

Baca Lainnya : Dokter Hewan Dihimbau untuk Terus Tingkatkan Kompetensi, Ini Tujuannya

“Kami yakin mengambil langkah yang pada satu titik memungkinkan untuk memberantas, dan lebih dari 99 persen peternakan tidak terjangkit dan kami ingin melindungi mereka dari penularan tersebut.” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (28/5) waktu setempat.

Pemberantasan wabah penyakit ini sendiri akan dilakukan bertahap dalam dua tahun. Total biaya yang diperlukan mencapai 886 juta dolar Selandia Baru atau sekitar Rp 8,62 triliun. Nilai ini hanya merepresentasikan satu bagian ternak Selandia Baru, dengan sekitar 4,2 juta ternak yang dimusnahkan setiap tahunnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: