Pemprov Riau Perpanjang Status Siaga Karhurla Hingga Akhir November

TrubusNews
M Syukur | Followers 2
28 Mei 2018   16:45

Komentar
Pemprov Riau Perpanjang Status Siaga Karhurla Hingga Akhir November

Rapat koordinasi penetapan perpanjangan status siaga darurat bencana Karhutla Riau. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Beberapa hari belakangan, hujan dengan intensitas tinggi terjadi di sejumlah wilayah di Riau, termasuk Kota Pekanbaru. Namun hal ini diprakirakan tak berlangsung lama. Karena itu Pemerintah Provinsi Riau tetap memperpanjang status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Menurut Wakil Komandan Satgas Karhutla Riau, Edwar Sanger, perpanjangan berlangsung sampai 30 November 2018. Adapun pertimbangan utamanya adalah untuk menyukseskan pagelaran olahraga akbar se Asia, Asian Games 2018.

Baca Lainnya : Jelang Asian Games 2018, BPBD Riau Maksimalkan Pencegahan Karhutla

"Yang utama itu tentu Asian Games, Jakarta dan Palembang. Satgas semua menetapkan perpanjangan status mulai 1 Juni sampai 30 November 2018," kata Edwar di Pekanbaru, Senin (28/5).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah menggelar rapat evaluasi Satgas pada 25 Mei lalu di Lanud Roesmin Nurjadin. Kemudian dilakukan hal serupa pada 28 Mei 2018 pagi di Kantor Gubernur Riau.

Ada beberapa kesimpulan sehingga status siaga di perpanjang, di antaranya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan sebagian wilayah Riau segera memasuki kemarau. 

"Kemarau di Riau diprediksi akan berlangsung hingga September mendatang. Terus kenapa kita tetapkan hingga November? Itu sebagai bentuk antisipasi kita," terang pria yang juga menjabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau ini.

Berikutnya, tambah Edwar, pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada), tepatnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, serta Bupati dan Wakil Bupati di Indragiri Hilir, menjadi salah satu alasan perpanjangan status siaga tersebut. 

Baca Lainnya : Jelang Kemarau, Riau Pertimbangkan  Perpanjang Siaga Bencana Karhutla

"Dan terakhir tentu saja sesuai arahan presiden agar kita turut mensukseskan Asian Games," ujarnya. 

Sepanjang tahun 2018, Edwar menyatakan pihaknya mencatat lebih dari 1.800 hektare lahan di Riau hangus terbakar. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: