Cegah Banjir di Ibu Kota, PLN Tanam 25 Pohon Buah di DAS Ciliwung

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
28 Mei 2018   16:15

Komentar
Cegah Banjir di Ibu Kota, PLN Tanam 25 Pohon Buah di DAS Ciliwung

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah banjir terjadi. Hal yang sama juga dilakukan PLB Bogor untuk mencegah banjir terjadi di wilayah ibu kota jakarta. Salah satunya dengan menanam sebanyak 25 pohon buah-buahan, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung. 

"PLN bagian dari BUMN, memiliki tanggung jawab dalam bidang lingkungan, dan menjaga alam tetap lestari," ujar Manajer PLN Area Bogor, Widodo, di Bogor, Senin (28/5).

Baca Lainnya : Kementerian ESDM dan PLN Siap Terangi 400 Desa Terpencil

Langkah ini sendiri bukan yang pertama kali dilakukan PLN, Diketahui, pada bulan Februari silam PLN juga ikut berkontribusi dalam kegiatan menguras Telaga Saat, yang menjadi titik nol Sungai Ciliwung. Sementara langkah itu berlanjut hingga bulan ini dengan melakukan penanaman pohon di bantaran Sungai Ciliwung.

"Ada 25 batang pohon yang kita tanam, dan. semuanya jenis buah-buahan," lanjutnya.

Widodo berharap, pohon buah-buahan yang ditanam di pinggir Sungai Ciliwung ini, bisa tumbuh baik dan dimanfaatkan buahnya oleh masyarakat selain akarnya berguna untuk menyerap air untuk menghindari erosi tanah.

"Upaya penanaman ini juga menjadi ajang edukasi kepada masyarakat, untuk bersama-sama dengan kami menjaga lingkungan," paparnya.

Baca Lainnya : 3.000 Ton Sampah di Kali Ciliwung, Direlokasi ke Bantar Gebang

Widodo menjelaskan, apabila semua pihak telah memiliki kesadaran untuk merawat dan menjaga lingkungan, maka bencana alam bisa diminimalisir.

"Dalam menjaga alam ini, perlu upaya bersama, masyarakat, swasta, pemerintah, dan komunitas agar alam tetap lestari untuk anak cucu kita di masa depan," tutup Widodo. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: