Jelang Lebaran, Jalur Lintas Aceh-Sumatera Lumpuh Total Akibat Cuaca

TrubusNews
Astri Sofyanti
28 Mei 2018   10:30 WIB

Komentar
Jelang Lebaran, Jalur Lintas Aceh-Sumatera Lumpuh Total Akibat Cuaca

Longsor (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tingginya curah hujan beberapa waktu belakangan membuat jalur lintas nasional yang berada di Barat Selatan Aceh menuju Medan, Sumatera Utara, lumpuh tertimbun material longsor di Pakpak Bharat. Padahal sebentar lagi memasuki libur Lebaran 2018.

Jalur tersebut diketahui berada di kawasan pegunungan itu terus terkikis sejak Sabtu (26/5) sehingga berakibat longsor. Kondisi ini juga membuat sebagian jalan mengalami kerusakan cukup parah.

Kejadian bermula Minggu, (27/5) tebing sepanjang 100 meter longsor membuat jalur tak dapat dilintasi kendaraan apapun.

“Sepanjang 100 meter badan jalan longsor di Pakpak Bharat, Buluh Didi, Sumatera Utara, yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari perbatasan Sumatera-Aceh di Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam,” kata Arief salah seorang warga setempat di Aceh, Senin (28/5).

Untuk mengevakuasi material longsor, sejumlah alat berat dilaporkan telah berada di lokasi longsor untuk membersihkan timbunan tanah.

“Sampai saat ini hanya pejalan kaki yang bisa melintasi jalan menggunakan jembatan darurat,” ucapnya.

Sejumlah warga Kota Subulussalam dan Aceh Singkil yang ingin balik ke daerah asal mereka terpaksa mengurungkan niat. Sebagian memilih bertahan di Medan sampai jalan bisa dilewati kendaraan, namun ada yang menggunakan jalan memutar lewat Manduamas.

"Malam ini saya akan pulang ke Singkil, mudah-mudahan jembatan alternatif Bailey di Lae Ikan, Pakpak Bharat, sudah selesai, kalau tidak saya terpaksa putar haluan dari Manduamas atau kembali ke Medan," sambung Arief.

Warga di Kabupaten Aceh Barat, Nagan Raya, Abdya, Kabupaten Aceh Selatan, dan Kabupaten Simeulue juga tidak bisa melintasi jalur untuk menuju ke Medan akibat kerusakan jalan yang cukup parah.

Banyak warga berharap pengerjaan cepat selesai sehingga jalan kembali bisa dilalui kendaran terlebih sebentar lagi akan memasuki libur Lebaran.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Kasus Kematian Akibat Covid-19 Naik Jadi 2.858 Jiwa

Peristiwa   28 Feb 2020 - 12:04 WIB
Bagikan: