Tetap Harus Waspada, Puluhan Pengungsi Merapi Kembali ke Rumah

TrubusNews
Ihsan Maulana | Followers 0
28 Mei 2018   11:00

Komentar
Tetap Harus Waspada, Puluhan Pengungsi Merapi Kembali ke Rumah

Merapi (Foto : Foto: Dok. BNPB)

Trubus.id -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, hari ini mulai memulangkan puluhan warga lereng Gunung Merapi, di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, yang beberapa waktu terakhir bertahan di barak pengungsian.

"Hari ini kami akan pulangkan pengungsi di Balai Desa Glagaharjo ke rumahnya masing-masing," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Senin (28/5).

Ia merinci, sampai pagi ini sedikitnya masih ada 40 pengungsi terdiri atas seorang balita, dua anak-anak, sembilan orang dewasa dan 28 orang lanjut usia. Mereka dipulangkan ke Dusun Kalitengah Lor.

Makwan mengungkapkan, warga yang bertahan di tempat pengungsian bersedia kembali ke daerah asal setelah pada Minggu (27/5) siang, ada penjelasan dari ahli gunung api Surono, yang mengatakan jika tempat tinggal mereka berada di luar daerah bahaya.

"Beliau berpesan dalam Bahasa Jawa, sing podo ngungsi oleh mulih, tur tetep sak wayah-wayah eling lan waspodo Merapi, (yang mengungsi boleh pulang, namun sewaktu-waktu selalu ingat dan waspada Merapi)," tuturnya.

Sementara Posko Utama BPBD Sleman sendiri, saat ini menyediakan tiga kendaraan bak terbuka, sebuah truk dan satu ambulans untuk memfasilitasi upaya pemulangan pengungsi.

Makwan menegaskan, saat ini status aktivitas Gunung Merapi masih berada di tingkat Waspada (Level II), dengan daerah radius tiga kilometer dari puncak Merapi harus dikosongkan dari aktivitas penduduk.

"Kemudian masyarakat yang tinggal di KRB III, harap meningkatan kewaspadaan terhadap aktivitas Gunung Merapi," tutupnya.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: