Jaga Eksotisme Terumbu Karang, Nelayan Raja Ampat Dilarang Pakai Ini

TrubusNews
Ihsan Maulana
28 Mei 2018   09:45 WIB

Komentar
Jaga Eksotisme Terumbu Karang, Nelayan Raja Ampat Dilarang Pakai Ini

Nelayan (Foto : Foto: Pixabay/rmac8oppo)

Trubus.id -- Raja Ampat di Provinsi Papua Barat memang terkenal sebagai salah satu destinasi tingkat dunia. Pesona alam bawah laut yang indah menjadikan setiap orang berkeinginan untuk berkunjung ke salah satu provinsi paling timur Indonesia ini.

Untuk tetap menjaga kelestarian alam khususnya terumbu karang, para nelayan di Kabupaten Raja Ampat, diminta untuk tidak menggunakan bahan peledak dalam aktivitas menangkap ikan di laut.

"Nelayan harus bantu pemerintah daerah untuk melestarikan keindahan alam bawah laut Raja Ampat, salah satunya dengan tidak menggunakan peralatan penangkapan yang merusak seperti bahan peledak," ujar Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati di Waisai, Senin (28/5).

Selain itu, untuk mendukung pariwisata berkelanjutan di Kabupaten Raja Ampat, pemerintah daerah setempat juga telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga konservasi, baik dari dalam maupun luar negeri untuk melakukan pendampingan kepada masyarakat.

"Tentu ya, kami terus berupaya dengan berbagai program untuk mendorong masyarakat supaya memanfaatkan sumber daya perairan dengan baik, dan melestarikannya untuk kehidupan generasi masa mendatang," imbuhnya.

Pihaknya juga terus berupaya memenuhi kebutuhan nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan, demi peningkatan ekonomi yang berkelanjutan, salah satunya dengan pembangunan pabrik es dan gudang beku di Waisai hasil kerjasama Dinas Kelautan Perikanan setempat bersama BUMD dan investor.

"Sehingga dengan ini, nelayan di Kabupaten Raja Ampat tidak lagi kesulitan mencari es batu, serta mengawetkan ikan hasil tangkapan karena telah hadir pabrik es dan gudang beku yang siap memberikan pelayanan kepada nelayan," tutupnya. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Ini 5 Daerah di Jawa Barat dengan Kasus Covid-19 Tertinggi

Peristiwa   11 Agu 2020 - 09:18 WIB
Bagikan:          
Bagikan: