Terkena Dampak Erupsi Merapi, Borobudur Tetap Buka Layani Turis

TrubusNews
Astri Sofyanti | Followers 1
27 Mei 2018   12:00

Komentar
Terkena Dampak Erupsi Merapi, Borobudur Tetap Buka Layani Turis

Tetap Buka, Begini Cara Pengelola Candi Borobudur Antisipasi Dampak Erupsi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Trubus.id -- Pengelola Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur dan Candi Prambanan telah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi guna melindungi bangunan candi dari dampak erupsi Gunung Merapi.

"Semenjak ada intruksi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikan status Gunung Merapi dari normal ke waspada pada 21 Mei 2018, kami bersama Balai Konservasi Candi Borobudur telah menyiapkan langkah pengamanan dan antisipasi untuk melindungi bangunan Candi Borobudur," kata Sekretaris Perusahaan PT TWC Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko Ahmad Muchlis, Minggu (27/5).

Hal ini dilakukan karena menurutnya sejak Gunung Merapi mengalami erupsi freatik beberapa hari lalu juga tidak ada pengaruhnya terhadap pengunjung baik turis asing ataupun lokal yang datang ke Candi Borobudur.

Ia mengatakan, untuk antisipasi kenaikan status Gunung Merapi, PT TWC terus berkoordinasikan dengan Balai Konservasi Borobudur yang bersama sama sudah menyiapkan mitigasi bencana dengan mengikuti perkembangan status Gunung Merapi.

"Termasuk kapan akan memasang parasit untuk melindungi Candi Borobudur," lanjutnya.

Muchlis mengatakan, upaya tersebut sebagai usaha menyelamatkan Candi Borobudur yang akan didahulukan. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: