Cari Jejak Harimau Jawa, TN Meru Betiri Akan Pasang 60 Unit Kamera Jebak

TrubusNews
Ihsan Maulana
26 Mei 2018   14:00 WIB

Komentar
Cari Jejak Harimau Jawa, TN Meru Betiri Akan Pasang 60 Unit Kamera Jebak

Ilustrasi (Foto : Pixabay/sasint)

Trubus.id -- Keyakinan pengelola Taman Nasional Meru Betiri (TNMB) terhadap eksistensi harimau jawa di kawasan yang mereka kelola masih sangat tinggi. Karena itu, berbagai upaya dilakukan untuk menemukan jejak keberadaan satwa dengan nama latin Panthera tigris sondaica itu.

Pengelola TMMB mengungkapkan, dalam waktu dekat mereka akan memasang puluhan kamera jebak atau video trap, untuk mencari eksistensi harimau Jawa. Hal ini mereka lakukan karena diduga, saat ini hewan tersebut masih ada di kawasan inti taman nasional tersebut.

Baca Lainnya : Kamera Jebak di TN Meru Betiri, Tangkap Penampakan Satwa Langka

"Jadi tahun ini kami sudah membeli 60 unit video trap untuk inventarisasi satwa liar yang dilindungi di kawasan Taman Nasional Meru Betiri, khususnya untuk mencari keberadaan harimau Jawa," ujar Kepala Balai TNMB, Kholid Indarto di Kabupaten Jember, Sabtu (26/5).

Menurutnya puluhan unit video trap tersebut akan dipasang di kawasan zona inti TNMB, yang diduga masih terdapat habitat hewan eksotis itu.

"Tahun lalu kami juga memasang kamera trap untuk memantau karnivora besar, tapi hanya macan tutul saja yang terekam sebanyak enam ekor lebih," imbuhnya.

Baca Lainnya : Menurut Data KLHK, Satwa Dilindungi Ini Paling Laris Dijual di Pasar Online

Di sisi lain, Kepala Sub Bagian Tata Usaha TNMB, Khairunnisa menjelaskan pihaknya melakukan monitoring karnivora dengan video trap untuk benar memastikan, bahwa satwa langka tersebut masih ada.

"Setidaknya ada empat satwa prioritas yang dipantau oleh TNMB, yakni macan tutul, elang Jawa, penyu, dan harimau Jawa yang merupakan satwa langka yang nyaris punah di Indonesia," ungkapnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: