Gunung Merapi Masih Bergejolak, Menko PMK Minta Warga Terus Waspada

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Mei 2018   21:15 WIB

Komentar
Gunung Merapi Masih Bergejolak, Menko PMK Minta Warga Terus Waspada

Erupsi gunung Merapi. (Foto : Doc/ BPBD)

Trubus.id -- Gunung Merapi masih terus menunjukan geliat aktivitasnya. Terakhir, salah satu gunung teraktif di Pulau Jawa itu beberapa hari lalu memuntahkan letusan freatik. Dampaknya, beberapa daerah di lereng gunung itu, terpapar hujan abu.

Terkait dengan peningkatan aktivitas gunung tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Puan Maharani pun mengimbau warga yang tinggal di sekitar lereng Gunung Merapi, untuk selalu waspada.

Baca Lainnya : BPPTKG Memprediksi, Sifat Letusan Gunung Merapi Mengarah ke Efusif

Ia juga meminta agar warga mengikuti arahan dari pemerintah, maupun pihak terkait lainnya yang berkenaan dengan bencana Gunung Merapi.

"Kita tentu berharap supaya tidak lebih parah situasinya," ujar Puan kepada wartawan, seusai mengecek penyaluran berbagai bantuan sosial di Desa Ngaren, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (25/5).

Puan juga meminta, jika nanti ada upaya evakuasi, warga bisa segera pindah dan bertahan di posko pengungsian, sampai ada pemberitahuan resmi selanjutnya.

Baca Lainnya : BPPTKG Yogyakarta: Jangan Percaya Hoax Terkait Erupsi Merapi

Saat ini, status Gunung Merapi berada dalam waspada (level II). Masyarakat juga tidak diperbolehkan melakukan seluruh aktivitas, dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung. Hal ini untuk mengantisipasi lontaran materil vulkanik apabila terjadi letusan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: