BPPTKG Memprediksi, Sifat Letusan Gunung Merapi Mengarah ke Efusif

TrubusNews
Ihsan Maulana
25 Mei 2018   17:45 WIB

Komentar
BPPTKG Memprediksi, Sifat Letusan Gunung Merapi Mengarah ke Efusif

Erupsi freatik Gunung Merapi. (Foto : Doc/ BNPB)

Trubus.id -- Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) memperkirakan, sifat letusan Gunung Merapi lebih mengarah ke efusif. Perkiraan didasari gejala deformasi serta kegempaan yang terjadi beberapa waktu ini.

"Dari gejala-gejala yang ditunjukkan sampai saat ini, sifat letusan Gunung Merapi dimungkinkan mengarah ke efusif, atau magma akan muncul sebagai lelehan lava di permukaan," ujar Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, di Yogyakarta, Jumat (25/5).

Baca Lainnya : BPPTKG Keluarkan Analisa Materi Erupsi Gunung Merapi

Ia menjelaskan, magma yang ada di dalam tubuh Gunung Merapi memiliki sifat yang encer, sehingga bergerak perlahan menuju permukaan. Pergerakan magma tersebut juga tidak memberikan tekanan yang cukup kuat, sehingga aktivitas kegempaan serta deformasinya, tidak terdeteksi secara signifikan.

Meski demikian, kondisi letusan dengan sifat efusif ini, disebut Hanik masuk dalam kategori erupsi magmatis. Namun demikian, kondisinya tidak sama seperti letusan besar Gunung Merapi pada 2010 yang bersifat eksplosif. Diketahui, Gunung Merapi pernah meletus secara efusif, di tahun 2001 dan 2006.

"Jadi, jangan disamakan dengan letusan magmatis pada 2010 ya. Meski begitu, masyarakat tetap diminta tenang dan waspada. Kami akan melakukan pemantauan kondisi Merapi setiap saat dan memberikan informasi apabila terjadi perubahan lebih lanjut," imbuhnya.

Baca Lainnya : Pasca Letusan Freatik, Tidak Ada Perubahan Morfologi Kawah Gunung Merapi

Di sisi lain, letusan efusif itu juga memungkinkan kubah lava baru terbentuk. Saat ini, morfologi dalam puncak Gunung Merapi hanya berupa kawah terbuka yang cukup dalam, yang tanpa adanya kubah lava, akibat letusan besar pada 2010.

"Saat kubah lava baru sudah terbentuk, dan jika suatu saat kembali muncul tekanan yang sangat kuat dari dalam tubuh gunung, maka akan terjadi letusan," tandasnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Banjir Bandang Terjang Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah

Peristiwa   13 Des 2019 - 07:57 WIB
Bagikan:          
Bagikan: