Ternyata Monyet yang Turun Gunung Bukan dari Satwa Penghuni Merapi

TrubusNews
Astri Sofyanti
25 Mei 2018   13:15 WIB

Komentar
Ternyata Monyet yang Turun Gunung Bukan dari Satwa Penghuni Merapi

Monyet ekor panjang (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kabar yang menyebar terkait monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) yang turun gunung seiring meningkatnya aktivitas Gunung Merapi, Kamis (24/5) diartikan masyarakat sebagai pertanda buruk dari Gunung Merapi.

Kawanan monyet ekor panjang tersebut memasuki kawasan permukiman penduduk yang berada di belakang kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) di Kaliurang, Sleman.

Setelah ditelusuri lebih lanjut oleh petugas TNGM, monyet itu ternyata bukan satwa yang turun gunung dari kawasan Taman Nasional Gunung Merapi.

“Hasil pemantauan petugas TNGK dan informasi dari warga sekitar serta anggota SAR DIY di Pos Aju Kalikuning  menyimpulkan mereka adalah kelompok monyet yang habitatnya di bantaran Kali Kuning di luar kawasan TNGM," jelas Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati melalui keterangan tertulis, Jumat (25/5).

Menurutnya hal ini terjadi lantaran, lokasi titik perjumpaan di belakang kantor TNGM merupakan homerange (daerah jelajah) kelompok monyet dari bantaran Kali Kuning tersebut.

Masyarakat seringkali dan sudah biasa menjumpai monyet tersebut, bahkan ketika status Gunung Merapi dalam keadaan normal.

“Jadi kita bisa menyimpulkan monyet yang dijumpai itu belum bisa dijadikan indikasi reaksi satwa terhadap peningkatan aktivitas Merapi," paparnya.

Lebih lanjut Ammy mengatakan jika terindikasi ada pergerakan satwa dari kawasan Taman Nasional Gunung Merapi pihaknya akan segera menyampaikan informasi lebih lanjut kepada warga. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: