Realisasi Dana Desa Baru Mencapai Rp 7,2 Triliun, Ini Kendalanya

TrubusNews
Binsar Marulitua
25 Mei 2018   09:00 WIB

Komentar
Realisasi Dana Desa Baru Mencapai Rp 7,2 Triliun, Ini Kendalanya

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Realisasi penyaluran dana desa dari Rekenening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD) sudah mencapai Rp 7,2 triliun atau 39,4% dari yang sudah disalurkan pemerintah ke RKUD.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat, penyaluran transfer untuk program dana desa mencapai Rp 18,3 triliun atau 30,5% dari pagu sebesar Rp 60 triliun.

Baca Lainnya : Rp 187 Triliun Dikucurkan Presiden dalam Program Dana Desa, Akan Kah Ditambah?

Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Menteri Keuangan, Budiarso Teguh Widodo mengatakan, sejumlah keringanan sudah diberikan untuk pencairan dana desa. Antara lain, kewajiban pemenuhan 30% anggaran untuk kegiatan padat karya atau hari orang kerja (HOK).

Akan tetapi, langkah pemerintah belum dirasa maksimal dalam mendorong desa untuk aktif mengambil transferan dana. Namun meski demikian, ia optimistis realisasi penyaluran Dana Desa dari RKUD ke RKD tersebut diperkirakan terus membaik dalam beberapa hari ke depannya.

"Hal tersebut juga didukung dengan adanya penyampaian surat langsung dari pemerintah pusat kepada bupati/walikota untuk percepatan penyaluran dana desa," katanya, Kamis (24/5).

Karena itu, Boediarso meminta bupati/walikota agar mempercepat penyaluran dana desa dari RKUD ke RKD serta melaporkan penyaluran tersebut dalam aplikasi laporan keuangan.

Adapun, bagi daerah yang tidak menyalurkan dana desa sesuai ketentuan maka sanksi administrasi, berupa penundaan penyaluran pada periode selanjutnya akan diberikan. Bahkan lebih tegas, pemerintah akan menghanguskan dana yang tidak diambil.

Baca Lainnya : Cara Baru Presiden Jokowi Mendistribusikan Dana Desa Tahun 2018

Meski demikian pada dasarnya, kata Budiarso, pemanfaatan dana desa melalui skema padat karya tunai, salah satunya ditujukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

Untuk itulah Kemenkeu melakukan penyesuaian kebijakan penyaluran paling cepat pada awal tahun.

"Hal ini dimaksudkan agar dana desa lebih cepat dapat disalurkan ke daerah, untuk selanjutnya dapat segera disalurkan pemda kabupaten/kota ke desa dalam mendukung padat karya tunai tersebut," ujarnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Paparan Radiasi Nuklir di Laut Cina Selatan Tidak Terbukti

Peristiwa   22 Nov 2019 - 23:11 WIB
Bagikan: