Monyet Merapi Turun Gunung, Warga Jangan Mau Diajak Bertarung

TrubusNews
Astri Sofyanti
24 Mei 2018   23:00 WIB

Komentar
Monyet Merapi Turun Gunung, Warga Jangan Mau Diajak Bertarung

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kawanan monyet ekor panjang yang menghuni perbukitan serta lereng Gunung Merapi tiba-tiba turun mendekati pemukiman warga usai letusan freatik hari ini. Kawanan monyet bahkan terlihat berkeliaran di sekitar kantor Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) Jogjakarta.

Kawanan monyet ini tampak mencari makan seperti biasa. Sasarannya, buah pepaya dan pohon turi yang berada di sekitar kantor TNGM dan rumah warga. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi, Ammy Nurwati, di kantornya di Kaliurang, Jogjakarta Kamis (24/5).

Baca Lainnya : Satwa Liar Berpotensi Turun Gunung Akibat Erupsi Merapi, Bagaimana Warga Menyikapi?

Lantas apa penyebab turunnya kawanan monyet dari perbukitan Gunung Merapi?

Ammy menjelaskan penyebab kawanan monyet mulai turun, ia menilai ada dua kemungkinan. Pertama, kawanan monyet turun karena lapar. Kedua, mereka turun karena mulai merasa tidak nyaman dengan erupsi Gunung Merapi yang terjadi secara beruntun.

"Diperkirakan monyet tak mau makan-makanan di atas gunung karena terpapar abu vulkanik,” tambahnya.

Melihat kondisi tersebut, Ammy mengimbau masyarakat tak menanggapi fenomena turunnya kawanan monyet dari atas Gunung Merapi sebagai tanda bahaya.

“Masyarakat harus bijak menanggapi fenomena ini,” paparnya.

Pihaknya juga berpesan agar masyarakat, harus hati-hati terhadap kawanan monyet yang sewaktu-waktu bisa saja mengganggu mereka.

 “Jangan menganggu, monyet yang berkeliaran, jangan di bunuh, mereka butuh ruang,” ungkap Ammy.

Baca Lainnya : Satwa Mulai Turun Gunung, Tanda Kembali Erupsi?

Sementara itu, Teguh Wardaya, Kepala Resor TNGM Pakem-Turi menyebut, sejumlah pedagang yang berada di sekitar kawasan Telaga Puteri Kaliurang juga harus bersiap jika kawanan monyet datang dan menjarah makanan yang dijual.

“Sampai saat ini situasi masih kondusif, meski kawanan monyet mulai turun di sekitar Taman Wisata Telaga Puteri. Mereka hanya memakan makanan yang diberikan dari wisatawan,” ujar Teguh. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

LIPI Dorong Pembentukan Desa E-Commerce

Peristiwa   13 Des 2019 - 15:23 WIB
Bagikan: